Sukses

Parenting

5 Tips Mengatasi Mood Swings pada Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama menjalani kehamilan, ada banyak perubahan yang akan dirasakan ibu. Tak hanya perubahan pada badan atau fisik tapi juga kondisi psikologis. Ibu hamil pun sangat rentan mengalami mood swings atau perubahan suasana hati yang tak menentu.

Makin gampang tersinggung, sangat sensitif, sering sekali menangis tanpa sebab merupakan tanda-tanda mood swings yang cukup mengganggu ibu hamil. Hal ini memang terbilang normal tapi akan lebih baik jika kondisinya bisa segera diatasi agar tidak memburuk. Ada beberapa tips yang bisa dicoba untuk mengatasi mood swings pada ibu hamil berikut ini.

1. Mencurahkan hati pada pasangan

Pasangan atau suami bisa jadi orang yang paling tempat untuk dijadikan teman curhat. Coba keluarkan isi hati dan keluarkan semua uneg-uneg yang dirasakan selama menjalani kehamilan agar beban hati bisa sedikit terasa lebih ringan.

2. Mencari udara segar

Bisa dengan jalan-jalan, bisa juga dengan pergi menikmati alam terbuka. Kalau sudah punya anak sulung, kita bisa mengajaknya untuk menemani kita jalan-jalan. Mencari udara segar bisa jadi cara yang cukup ampuh untuk menciptakan good mood dan membuat hati kembali terasa riang.

3. Latihan pernapasan

Dikutip dari momjunction.com, latihan pernapasan sedikit banyak mirip dengan meditasi. Sebelum marah-marah, coba untuk tarik dan hembuskan napas sembari menghitung sampai 10 atau 100. Tarik napas dalam-dalam lalu hembuskan perlahan sampai hati benar-benar tenang.

4. Nikmati tayangan lucu

Kita bisa menonton film lucu atau menikmati video lucu. Intinya, stimulasikan diri agar bisa tertawa. Tertawa bisa engubah mood yang tadinya bete atau kesal jadi lebih bahagia.

5. Menikmati camilan sehat

Rasa gelisah atau suasana hati yang buruk bisa disebabkan karena gula darah rendah. Ada baiknya untuk rutin menikmati camilan sehat secara berkala setiap harinya. Jenis camilan yang disarankan adalah buah-buahan segar atau kacang-kacangan. Hindari camilan yang mengandung terlalu banyak gula, garam, atau pengawet.

Kondisikan tubuh dan pikiran agar tidak gampang stres.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading