Sukses

Parenting

5 Tips Toilet Training pada Balita, Yuk Simak di Sini Moms!

Fimela.com, Jakarta Melatih anak untuk berhenti pakai popok dan mulai mandiri menggunakan toilet memang butuh trik tersendiri. Sebagai orangtua, kita harus benar-benar sabar melatih si kecil agar mulai lepas dari penggunaan popok. Kita harus menyediakan waktu dan tenaga ekstra untuk membantu si kecil bisa lebih mandiri menggunakan toilet.

Ada lima tips dasar yang bisa dicoba untuk memberi toilet training pada balita. Kalau kita berhasil menerapkan tips-tips ini, maka bukan hal mustahil si kecil nantinya bisa sudah benar-benar mandiri menggunakan toilet dalam waktu seminggu. Selengkapnya, yuk simak infonya di sini moms.

1. Pastikan si kecil sudah bisa duduk tegak dan paham intruksi sederhana

Biasanya anak usia 2-3 tahun sudah bisa mulai dilatih toilet training. Bila si anak sudah bisa duduk tegak, dapat memakai dan membuka celana sendiri, dan paham intruksi sederhana, maka dia sudah siap untuk dilatih toilet training.

2. Perkenalkan tempat untuk buang air

Saat ini ada potty chair khusus yang bisa dipakai untuk toilet training anak dengan bentuk yang lucu-lucu. Kita bisa menggunakannya untuk memberi semangat anak agar mau berlatih toilet training. Tapi jika tidak ada potty chair, kita bisa mengenalkan WC untuk tempat buang air. Beritahu cara buang air kecil atau buang air besar di WC beserta cara membersihkannya. Dengan memperkenalkan hal ini, anak nanti tidak terlalu bingung lagi saat memulai potty training.

3. Arahkan ke toilet setiap beberapa jam sekali

Pada pagi hari setelah si kecil bangun tidur, kita bisa mengarahkannya ke toilet atau dudukkan di potty chair. Lalu pada beberapa menit setelah makan atau minum, bisa arahkan anak untuk ke toilet bila kebelet. Dilansir dari parenting.com, penting untuk membawa anak ke toilet setiap beberapa jam sekali untuk membiasakannya. Serta membangun kesadaran anak bahwa sebelum akan buang air kecil atau buang air besar harus datang ke toilet dulu dan tidak boleh sembarangan.

4. Beri semangat

Setiap kali si kecil berhasil pipis atau buang air besar di toilet, kita perlu memberinya ucapan selamat. Beri semangat agar anak bisa selalu pakai toilet atau potty chair setiap kali akan buang air. Dengan adanya semangat dan pujian ini, anak pun bisa lebih percaya diri saat menggunakan toilet. Kalau si kecil masih belum benar menggunakan toilet, kita bisa membantunya untuk mengoreksinya.

5. Ciptakan kreativitas baru

Kita bisa menempatkan boneka kesayangan si kecil di toilet. Sehingga anak tak merasa takut atau cemas ketika akan menggunakan toilet. Bisa juga kita buat tabel yang ditempel di dinding sebagai tempat untuk menaruh stiker setiap kali si kecil berhasil pipis atau buang air besar di toilet. Kegiatan toilet training pun jadi lebih menyenangkan karena dibuat seperti bermain.

Kita perlu konsisten melatih anak toilet training ini. Misalnya saat bepergian, kita bisa tetap mengarahkan anak ke toilet umum bila kebelet pipis atau buang air besar, meski tetap perlu bawa popok untuk jaga-jaga.

Semoga info dan tips di atas bisa bermanfaat untuk moms sekalian, ya.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading