Sukses

Parenting

Tips Merawat Rambut Saat Hamil Agar Tidak Rontok

Masalah rambut rontok adalah kondisi yang banyak dikeluhkan ibu hamil. Kerontokan rambut yang lebih banyak ketimbang sebelum kehamilan membuat para ibu hamil cemas karena rambut makin tipis.

Agar masalah ini dapat diatasi tanpa mempengaruhi kehamilan, Anda bisa melakukan tips-tips ini:

Keramas Dengan Sampo Formula Ringan

Biasanya, wanita lebih banyak memproduksi minyak atau sebum karena pengaruh hormon. Wajah jadi tampak berminyak, termasuk rambut. Ada kalanya Anda harus keramas lebih sering, karena jika dibiarkan terlalu lama, sebum dapat menutup pori akar rambut dan menyebabkan kerontokan.

Pakai shampo formula ringan agar Anda bisa keramas lebih sering. Jangan lupa pakai kondisioner pada separuh bagian rambut hingga bagian ujung. Sebaiknya tidak menyisir rambut dalam keadaan basah, karena rambut yang basah lebih rapuh.

Pakai Perawatan Alami

Karena Anda sedang hamil, sebisa mungkin hindari perawatan yang memakai banyak bahan kimia buatan pabrik. Anda bisa menjaga kesehatan rambut dengan bahan alami yang ada di dapur. Misalnya masker rambut dari minyak zaitun, atau santan, minyak kemiri, alpukat, pisang yang dihaluskan dan sebagainya.

Lakukan perawatan ini seminggu sekali, hasilnya tidak kalah oke dengan hairmask buatan pabrik. Selain itu, bahan-bahan alami tidak akan membahayakan janin Anda.

Jangan Sering Mengikat Rambut

Wanita yang sedang hamil sering mengeluh mudah panas dan gerah, sehingga rambut sering digulung atau diikat. Kebiasaan ini justru bisa membuat rambut semakin rapuh. Saran kami, potonglah rambut Anda. Selain membuat lebih nyaman, perawatannya juga lebih mudah.

Hindari Stres

Salah satu penyebab rambut rontok di masa kehamilan adalah stres. Wanita yang sedang hamil cenderung mencemaskan bayi dan masa depan anaknya. Sebaiknya Anda tidak terlalu mencemaskan banyak hal, pasrahkan semua pada Tuhan dan yakinlah segala sesuatu akan baik-baik saja. Selain tidak baik untuk rambut, stres juga berpengaruh pada perkembangan janin. Jadi buang jauh stres dan pikiran yang tidak perlu.

Konsumsi Buah Segar

Memberi nutrisi dari dalam akan baik untuk kesehatan Anda dan janin. Konsumsi buah segar dapat menyehatkan kulit dan rambut dari dalam. Anda bisa memasukkan porsi buah-buahan segar dalam makanan sehari-hari. Gonta-ganti buah segar setiap hari agar Anda tidak bosan.

Semoga cara ini bisa membuat Anda menikmati masa kehamilan tanpa terganggu masalah kerontokan rambut.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading