Sukses

Parenting

Bahaya Balita Main iPad, Sebabkan Gangguan Motorik Tangan

Untuk para orang tua yang sering membiarkan balitanya memainkan iPad atau smartphone, kebaikan hati Anda justru bisa merusak tangan dan jari-jari balita dalam jangka waktu panjang. Demikian peringatan para ahli kesehatan.

Kami tahu bahwa teknologi semakin maju, para orang tua ingin agar anak-anak mereka cepat beradaptasi dengan kemajuan teknologi. Namun pemberian teknologi di waktu yang belum tepat justru bisa merusak kesehatan balita. Pemberian iPad pada balita dapat melemahkan otot tangan dan jari balita. Efek ini bisa terjadi dalam jangka panjang.

 Gangguan Motorik Pada Tangan

"Saya sering melihat anak-anak yang datang dengan kemunduran saraf motorik, kekuatan otot mereka menurun di daerah tertentu," ujar Lindsay Marzoli, seorang terapis dari Learning and Therapy Corner di Maryland, Amerika Serikat, dilansir oleh Dailymail.co.uk, Senin (18/11).

Para ahli kesehatan yang lain juga setuju, teknologi ini akan menyebabkan kerusakan tangan dalam jangka waktu yang lama.

Dr Timothy Doran , seorang dokter anak dari reater Baltimore Medical Centre mengatakan, "Penggunaan iPad terus menerus tiga sampai empat jam setiap hari bagi saya tampak sebagai bahaya perkembangan balita,".

  • Pedoman terbaru yang ditulis dalam American Academy of Paediatrics menyebutkan bahwa:
  • Anak-anak seharusnya tidak dibiarkan menggunakan iPad lebih dari 2 jam setiap hari.
  • Anak di bawah usia 2 tahun tidak diperkenankan menggunakan komputer, tablet dan layar lainnya.
  • Pedoman ini juga menyarankan agar kamar anak bebas dari televisi, iPad dan komputer/laptop.
  • Penelitian telah menunjukkan bahwa anak-anak yang terlalu sering berkutat dengan iPad atau laptop dapat membahayakan kesehatan mereka.

Kemajuan teknologi yang diperkenalkan terlalu cepat dianggap sebagai bom waktu oleh peneliti dari Abertawe Bro Morgannwg University Health Board. Sekitar 75 persen anak-anak melaporkan nyeri leher, punggung dan bahu karena terlalu lama main komputer/laptop atau game di iPad.

Gaya hidup modern yang tidak diimbangi dengan pengetahuan kesehatan pada anak justru bisa membahayakan masa depan anak, terutama menyangkut kesehatan mereka. Karena itu, jangan terlalu bangga jika balita Anda sudah pintar mengoperasikan iPad, smartphone atau laptop. Anda harus bijak memperkenalkan teknologi tepat pada waktunya.

(vem/yel)
;
Loading

Live Streaming

Powered by