Sukses

Parenting

Cukupi Kebutuhan Vitamin D Saat Hamil Agar Bayi Tumbuh Kuat

Studi mengatakan, asupan vitamin D dari sinar matahari ternyata dapat membuat bayi di dalam kandungan jadi lebih kuat ketika dewasa nanti.

Seperti dilansir Antaranews, tingkat konsumsi vitamin D memang membantu ibu hamil menghasilkan bayi yang kuat. Vitamin D dipercaya memberikan efek pada pertumbuhan jaringan otot janin. Sehingga ketika dewasa, resiko patah tulang, diabetes dan lain sebagainya bisa diperkecil.

Dr Nicholas Harvey, dan Dr. Rebecca Moon dari universitas Southampton membandingkan tingkat asupan vitamin ibu hamil dengan kekuatan anak saat usia 4 tahun. Menurut mereka, kekuatan anak-anak usia empat tahun memiliki konsekuensi positif di kemudian hari. Anak yang kuat akan cenderung tumbuh menjadi orang dewasa yang kuat pula.

Pentingnya vitamin D ini juga diperkuat oleh studi lain yang mengatakan bahwa wanita hamil dengan tingkat vitamin D rendah akan melahirkan anak dengan tulang yang lemah saat dewasa nanti.

Manfaat vitamin D

Pembentukan dan pemeliharaan tulang

Vitamin D berkolaborasi dengan vitamin lain dapat membantu pembentukan dan pengerasan tulang dengan cara mengatur kalsium dan fosfor di dalam darah.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Selain memelihara tulang, vitamin D juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan cara menghancurkan bakteri dan virus di dalam tubuh.

Mempercantik kulit

Asupan vitamin D dapat membuat kulit jadi lebih sehat, mencegah problem kulit seperti psoriasis, jerawat, mencegah infeksi luka dalam kulit, meremajakan kulit serta memperbaiki kerusakan kulit.

Mencegah kanker kolon dan kanker prostat

Vitamin D dapat menghindarkan tubuh dari penyakit kanker seperti kanker kolon dan kanker prostat. Vitamin D dapat menghambat penggandaan sel kanker.

Menyeimbangkan berat badan

Vitamin D berfungsi menyerap kalsium lebih banyak dan menyediakannya untuk masa menopause nanti. Selain itu, ia juga memperlambat kenaikan berat badan karena kurang olahraga atau tekanan psikologis.
 

(vem/ant/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading