Sukses

Parenting

Tips Merawat Bayi yang Baru Lahir

Merawat bayi yang baru lahir menjadi hal yang paling sederhana sekaligus paling sulit yang Anda mungkin pernah lakukan dalam hidup Anda. Pada awalnya sangat sulit untuk mengetahui cara berkomunikasinya karena bayi hanya bisa menangis dan menjerit. Dia sepenuhnya bergantung pada Anda dan pasangan Anda. Berikut ini beberapa tips yang berguna bagi para ibu muda untuk merawat sendiri buah hati Anda seperti yang dilansir oleh healthywomen.org

Pertama, Anda tahu bahwa bayi akan tidur lama. Bayi yang baru lahir umumnya tidur sampai 20 jam sehari dalam beberapa minggu pertama. Namun Anda harus tahu bahwa mereka juga perlu makan cukup sering. Perut mereka kecil dan kebutuhan gizi mereka sangat besar. Jika Anda merasa terkejut karena harus menghabiskan setiap jam dan juga setiap hari dengan payudara atau botol di mulut si bayi, Anda harus mulai membiasakan diri.

Kedua, alasan terbesar bayi menangis adalah kelaparan. Jika ternyata ia baru saja makan coba periksa popoknya. Jika bukan itu masalahnya, coba untuk membungkus bayi dengan erat dalam selimut hangat. Bayi yang baru lahir terbiasa terbungkus rapat di dalam rahim, berada di luar di dunia dan memiliki lengan serta kaki yang bisa bergerak bebas tentu akan mengejutkan bayi. Gendong dan peluk si bayi dalam dekapan Anda.

Selanjutnya, Anda harus membiasakan diri memandikan bayi Anda. Sampai tali pusar bayi lepas hanya gunakan kain lap hangat untuk menyeka sekitar wajah, pantat dan tangannya. Ketika tiba saat mandi pertamanya, isi baskom dengan sekitar empat atau lima senti air hangat. Pastikan Anda menyiapkan semua yang Anda butuhkan sebelum Anda menanggalkan pakaian bayi.Pegang bayi dengan satu tangan, perlahan-lahan turunkan bayi ke dalam air dan, dengan menggunakan tangan lainnya basahi kain lap dan mulai memandikan bayi dengan lembut. Jangan pernah meninggalkan anak kecil tanpa pengawasan di sekitar air. Anda dapat menggunakan kain untuk mencuci rambutnya. Jika Anda belum bisa melakukan sendiri akan lebih baik jika Anda meminta orang lain untuk membantu Anda.

Selamat mencoba bagi para ibu muda.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading