Sukses

Parenting

Kapan Kita Bisa Mengetahui Jenis Kelamin Bayi?

Fimela.com, Jakarta Menjalani masa kehamilan merupakan anugerah yang terindah. Pada awal-awal kehamilan kita dilanda perasaan bahagia yang begitu membuncah. Bahkan sudah tak sabar untuk mengetahui jenis kelamin bayi.

Selama menjalani kehamilan,mengungkap jenis kelamin bayi menjadi hal yang cukup dinantikan. Pada tubuh manusia, ada 22 pasang autosom dan satu pasang gonosom hadir. Kromosom X adalah kromosom perempuan dan kromosom Y adalah kromosom pria. Jika janin memiliki XX, yang lahir berjenis kelamin perempuan dan jika XY, yang lahir berjenis kelamin laki-laki. Seperti yang dilansir oleh obgynwc.com, sperma yang membuahi telur bisa membawa kromosom X, bisa juga kromosom Y. Dengan kata lain, jenis kelamin bayi ditentukan pada saat terjadinya pembuahan.

Saat usia kehamilan memasuki minggu ke-7, organ-organ dalam dari jenis kelamin bayi baru berkembang. Namun, untuk bisa melihat atau mencari tahu jenis kelamin bayi, biasanya baru dapat dilakukan saat usia kehamilan memasuki minggu ke-18 atau ke-20. Namun, adakalanya sulit untuk mengetahui jenis kelamin bayi melalui USG bila posisi anggota badan bayi menutupi kelaminnya.

Mengetahui jenis kelamin bayi bagi sebagian pasangan sangatlah penting. Karena hal ini berkaitan dengan persiapan pemberian nama hingga persiapan semua kebutuhan yang akan digunakan si kecil ketika lahir. Untuk mencari tahu jenis kelamin bayi, periksakan diri ke dokter kandungan agar bisa mendapat penanganan yang tepat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading