Sukses

Parenting

8 Tips Mengatasi Rasa Gampang Capek Setelah Melahirkan

Fimela.com, Jakarta Setelah melahirkan, tubuh perlu waktu untuk bisa kembali pulih dan sehat seperti sedia kala. Cuma tantangannya memang cukup berat karena setelah melahirkan, tubuh ibu biasanya akan gampang capek karena kesibukan mengurus bayi, menyusui, dan sebagainya.

Untuk mengatasi rasa gampang capek setelah melahirkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Selengkapnya, langsung ikuti infonya di sini ya.

1. Manfaatkan waktu untuk tidur saat bayi sudah terlelap.

2. Saat menyusui, posisikan tubuh senyaman mungkin. Bisa duduk di sofa dengan kaki selonjor atau menyusui dengan posisi tubuh tidur miring.

3. Minta kerjasama pasangan untuk mengerjakan pekerjaan rumah. Di sini kita perlu berbagi tugas agar tidak merasa kewalahan mengerjakan semuanya sendirian. Atau bila perlu kita bisa menyewa jasa asisten rumah tangga untuk membantu meringankan pekerjaan rumah tangga.

4. Konsumsi kudapan tinggi protein. Untuk menjaga tubuh agar punya energi cukup dalam mengurus anak dan menyusui, kita perlu mengonsumsi makanan kaya protein. Camilan sehat pun bisa dikonsumsi agar energi tubuh tidak cepat habis.

5. Batasi jumlah tamu bila memungkinkan. Teman, saudara, kerabat, dan tetangga mungkin sudah tidak sabar untuk menjenguk dan menanyakan kabar kita. Kalau memang memungkinkan kita bisa memberi pengertian kapan waktu terbaik untuk menerima tamu. Atau kalau hal itu masih sulit dilakukan, kita bisa sediakan stok makanan atau camilan yang bisa langsung dihidangkan bila ada tamu yang datang ke rumah.

6. Batasi konsumsi kafein. Meski mungkin kita harus begadang karena bayi menangis atau rewel pada malam hari, sebisa mungkin batasi konsumsi kafein. Perbanyak air putih dan imbangi pula dengan buah-buahan segar.

7. Olahraga ringan juga bisa membantu menjaga kebugaran tubuh. Sekadar jalan santai di ruang terbuka bisa membuat tubuh terasa lebih bugar dan suasana hati pun bisa lebih baik. Melakukan meditasi atau gerakan yoga seederhana juga bisa dilakukan di rumah.

8. Konsumsi suplemen atau vitamin. Untuk hal ini sebaiknya berkonsultasi dulu ke dokter, ya. Agar bisa mendapat suplemen yang benar dan sesuai dengan kebutuhan tubuh.

Kalau sudah berusaha istirahat dan makan cukup tapi badan masih saja gampang capek, saatnya periksakan diri ke dokter. Karena bisa jadi penyebabnya karena dipengaruhi faktor lain, seperti postpartun depression, anemia, penggunaan obat pereda rasa nyeri, hipotiroid, dan kehilangan banyak darah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading