Sukses

Parenting

Akibat Orang Tua Yang Terlalu Overprotective

Menjadi orang tua bukan hal yang mudah dilakukan. Menjaga, merawat , membentuk pribadi anak adalah pekerjaan yang sulit. Perasaan khawatir dan selalu waspada dengan hal -hal yang akan terjadi pada anak adalah hal normal untuk Anda sebagai orang tua. Tapi jangan sampai rasa khawatir Anda membuat Anda menjadi posesif dan overprotective kepada anak Anda. Pikirkan juga perasaan anak-anak Anda., Siapa tau mereka terluka dengan sikap-sikap Anda yang terlalu protective.

Seperti yang dilansir oleh boldsky.cominilah beberapa akibat untuk anak jika orang tua terlalu overprotective

Menurunkan Rasa Percaya Diri Anak

Jika Anda terlalu mengekang semua kegiatan yang anak lakukan, bisa jadi rasa percaya diri pada anak Anda akan berkurang. Anak Anda akan cenderung bergantung pada arahan Anda sehingga mereka tidak percaya pada semua kemampuan yang dia miliki. Berikanlah anak Anda sedikit ruang gerak untuk memilih apa yang dia inginkan. Berikan dia arahan yang baik bukan cenderung Anda membatasinya.

Anak Akan Menjadi Pemberontak

Sikap overprotective cenderung akan membuat anak memiliki sikap pemberontak. Jangan salahkan anak Anda jika suatu hari dia akan berpaling dari Anda dan lebih memilih teman-temanya. Sebagai orang tua sangat wajar Anda memberikan beberapa aturan kepada anak Anda. Tapi jangan sampai aturan itu memberatkan anak Anda. Memikirkan kenyamanan dan kebahagiaan mereka juga sangat penting untuk Anda.

Anak Menyalahgunakan Kebebasan

Jika Anda selalu mengatur hidupnya bahkan mengekangnya, Bisa jadi suatu hari anak Anda akan menyalahgunakan kebebasan yang tak pernah Anda berikan. Semua aturan akan menjadi salah di mata anak Anda. Ini akan menjadi hal yang berbahaya buat anak ke depannya. Mulai hari ini ubahlah cara Anda mendidik anak, berhentilah bersikap overprotective, hargai pendapatnya dan sayangi mereka. Hal ini jauh akan lebih membuat kepribadian anak jauh lebih baik ke depannya.

Nah, itu tipsnya ladies semoga menginspirasi ya!

(vem/mgg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading