Sukses

Parenting

5 Tanda Anak Anda Mengalami Masalah Alergi

Masalah kesehatan seperti alergi, kadang tak banyak diketahui oleh penderitanya. Karena hanya disertai gejala yang umum seperti gatal, batuk, pusing yang dianggap seperti penyakit biasa. Namun seringan apapun gejalanya, jangan sampai Anda menyepelekannya.

Terutama bila alergi tersebut terjadi pada anak-anak. Namun juga tak perlu terlalu panik atau bingung. Anda bisa mencoba untuk mengenali gejala anak-anak yang mengalami alergi di sini.

Sering Menggosok Hidung

Umumnya alergi ditunjukkan lewat hidung. Karena hidung berair, gatal atau kurang nyaman sehingga anak-anak kerap menggosok hidung mereka. Kalau sering terjadi, cek apakah mereka kena debu atau kuman, atau adakah masalah kulit yang dihadapi. Untuk penanganan lebih lanjut, hubungi dokter anak.

Reaksi Dengan Sesuatu

Bagaimana reaksi indra atau tubuh mereka pada sesuatu. Misalnya saat berdekatan dengan kucing, mereka sering bersin. Atau ketika makan pedas, kulitnya bentol dan merah. Tanda seperti ini bisa menunjukkan anak Anda mengalami alergi.

Sering Bersin

Bersin bukan hanya karena bulu atau debu, namun bisa juga karena udara atau panas. Meski tidak semua bersin itu alergi, coba perhatikan bagaimana intensitas bersin yang terjadi pada anak Anda. Kalau terlalu sering pada kondisi tertentu atau malah berkepanjangan namun tak menunjukkan gejala flu, mungkin anak Anda mengalami alergi.

Kulit Kemerahan

Alergi seperti ini biasanya berhubungan dengan kulit sensitif atau alergi makanan. Menimbulkan ruam, bintik. bentol hingga kemerahan yang tak nyaman. Beberapa disertai dengan lebam atau pembengkakan. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Buang Air Tidak Normal

Salah satu cara mengecek alergi pada makanan atau produk tertentu adalah dengan melihat bagaimana warna dan bentuk feses si kecil. Kalau ada masalah, mungkin sebenarnya dia alergi dengan makanan yang rasanya tajam, pedas atau asam.

Bila Anak Anda rentan atau mudah sakit, coba cek beberapa gejala di atas. Perhatikan makanan dan reaksinya. Jika kondisi semakin tidak baik, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading