Sukses

Parenting

Alasan Para Orangtua Stalking Media Sosial Milik Anak Mereka

Internet memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Namun, tak bisa dipungkiri dunia maya juga memiliki banyak sisi hitam yang berdampak buruk, terutama bagi anak-anak Anda. Sebagai orangtua, sebaiknya Anda bijak dalam mengenalkan dunia maya pada anak-anak Anda. Bimbinglah mereka agar dapat menggunakan internet dan sosial media secara positif.

Banyak orangtua merasa khawatir dengan aktivitas anak-anak mereka di dunia maya dan juga sosial media, karena itu mereka memilih untuk stalking akun mereka untuk mengetahui seperti apa pergaulan mereka. Banyak alasan digunakan para orangtua untuk melakukannya, berikut beberapa alasan mereka, seperti dilansir sheknows.com.

Khawatir atas dampak buruk dunia maya

Banyak orangtua percaya pada anak-anak mereka, namun mereka tidak percaya pada orang-orang yang bergaul dengan mereka di dunia maya. dalam dunia maya banyak terdapat predator yang mengincar anak-anak dan juga teman-teman yang membuat cyberbullying terhadap anak-anak. Tidak hanya pada sosial media, orangtua juga mengecek pesan yang masuk dalam ponsel anak-anaknya untuk melihat bagaimana bahasa yang mereka gunakan dan apakah ada pengaruh buruk di dalamnya.

Mencari tahu apa yang terjadi pada anak

Kebanyakan anak jaman sekarang lebih suka menceritakan curahan hatinya pada status di media sosial daripada harus menceritakannya ke orangtua. Karena itu, para orangtua merasa perlu untuk melihat keadaan anak mereka dan apa yang mereka rasakan pada media sosial mereka.

Hak orangtua

Sebagai orangtua, Anda berhak untuk melindungi anak Anda dari segala dampak buruk dunia maya, karena itu stalking cukup perlu dilakukan. Sebaiknya Anda bicarakan dengan anak Anda tentang stalking yang Anda lakukan. Jangan lupa bahwa Anda tidak sedang mengekang mereka karena Anda sudah memberi kepercayaan pada mereka untuk terjun di dunia maya. Berikan kepercayaan pada mereka dengan tetap melindungi mereka dari dampak buruk dunia maya. Anda tidak harus selalu mengecek media sosial dan ponsel mereka tiap hari, tetapi lakukan sesekali dan yakinkan mereka bahwa apa yang Anda lakukan adalah untuk melindungi mereka.

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading