Sukses

Parenting

Tips Memandikan Bayi, Cegah si Kecil Rewel Saat Dimandikan

Hal yang harus dipelajari ketika memiliki bayi salah satunya adalah saat Anda memandikan si kecil. Untuk urusan memandikan si kecil, bukan hanya ibu yang harus bisa, ayah juga sebaiknya belajar. Karena biasanya pasca melahirkan seorang ibu membutuhkan waktu lebih untuk beristirahat. Nah berikut ini beberapa tips untuk memandikan bayi yang dilansir dari whattoexpect.com.

Persiapan

Kumpulkan semua peralatan mandi yang akan Anda gunakan untuk memandikan si kecil sebelum Anda menghidupkan keran. Anda juga bisa menyiapkan sekalian popok, pakaian, bedak, dan minyak bayi yang mungkin Anda perlukan setelah memandikan si kecil. Setelah semuanya siap Anda bisa memulai mengajak si kecil untuk mandi.

Jangan sampai terlalu dingin

Bayi kehilangan panas tubuh lebih cepat dari orang dewasa, terutama ketika tidak memakai pakaian. Jadi pastikan ruangan yang Anda gunakan untuk memandikan si kecil cukup hangat. Sebaiknya isi bak mandi bayi sampai penuh, jangan sampai Anda masih mengalirkan air ketika si kecil sudah masuk ke bak bayi. Ingat, usahakan air jangan terlalu dingin atau terlalu panas, air yang hangat lebih baik untuk memandikan si kecil sambil berikan pijatan lembut.

Pegang dengan aman

Hindari si kecil terlalu lama terendam di dalam air, sebaiknya Anda menopang tubuh si kecil dengan aman ketika buah hati Anda masih belum mampu duduk dengan baik. Bak mandi juga sangat licin untuk kulit bayi yang lembut. Pastikan Anda memegang tubuh bayi dengan kuat ketika mulai mengusapkan sabun ke tubuhnya.

Bagian yang penting

Anda harus melakukannya ketika sampai pada bagian tubuh yang penting seperti mata dan telinga. Selain itu biasanya ada bintik-bintik kecil di permukaan kulit bayi yang harus Anda usap dengan lembut juga. Pijat dengan lembut ketika Anda sampai pada bagian kepala. Bersihkan bagian mata menggunakan kain lap basah yang lembut. Dan berhati-hatilah ketika mencuci telinga si kecil, jangan sampai telinganya kemasukan air.

Selanjutnya untuk bagian-bagian pribadi, gunakan kain lap basah yang sangat lembut guna menghindari iritasi. Untuk bayi perempuan, cuci alat kelamin dengan arah depan ke belakang. Sedangkan untuk anak laki-laki, cukup membersihkan kemaluannya dengan sabun dan air hangat.

Selesai mandi

Setelah meratakan sabun pada tubuh si kecil, bilas dengan bersih dan pastikan tidak ada bekas sabun yang tertinggal. Hindari menggosok kulit bayi dengan keras, Anda bisa menepuk-nepuk ringan. Selanjutnya gunakan handuk kering yang lembut untuk mengeringkan tubuh si kecil yang basah. Setelah benar-benar kering, baru Anda bisa mengoleskan lotion ataupun minyak agar si kecil nyaman sepanjang hari.

Semoga bermanfaat ya Bunda tipsnya, nah lihat betapa bahagianya si kecil saat dimandikan di galeri berikut ini.

(vem/hyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading