Sukses

Parenting

7 Kalimat yang Ingin Didengar Balita Setiap Hari

Menjadi orang tua itu memang sangat berat. Untuk bisa mengasuh anak dan menjadikannya pribadi yang baik dan positif, setiap orang tua harus bisa melakukan hal yang terbaik. Salah satunya adalah dengan mengatakan kalimat yang tepat kepada anak. Anak sangat mudah merekam apa yang dikatakan orang tuanya.

Berikut ini ada tujuh kalimat yang sangat ingin didengar oleh setiap balita. Informasi yang dilansir dari mindbodygreen.com ini bisa jadi informasi yang bermanfaat untuk Anda saat mendidik anak Anda.

    "Bunda percaya sama kamu."

    Ketika Anda mengatakan pada anak Anda bahwa Anda mempercayainya, anak Anda akan dengan sendiri percaya pada Anda. Selain itu, kepercayaan dirinya juga akan meningkat karena ia merasa bahwa dirinya bisa diandalkan.

    "Jangan mudah menyerah."

    Ketika Anda menyemangati anak Anda dengan kalimat, "Jangan mudah menyerah," usahakan untuk memberi penjelasan juga kenapa anak Anda tidak boleh menyerah. Misalnya, Anda bisa jelaskan bahwa ketika anak Anda gagal, Anda bisa memberitahunya bahwa itu artinya bahwa anak Anda perlu mencoba kesempatan baru.

    "Terus berlatih adalah cara terbaik untuk belajar."

    Belajar bukanlah serangkaian tes yang menakutkan. Sejak dini, sampaikan pada anak Anda bahwa belajar itu adalah serangkaian latihan. Apalagi dunia anak-anak adalah dunia bermain. Jadikan pengalaman bermain itu sebagai pengalaman belajarnya.

    "Semua orang hebat dulu juga seperti kamu."

    Anak yang berusia 4 atau 5 tahun biasanya sudah memiliki idola. Ia pun biasanya akan memiliki cita-cita seperti sang idola. Anda bisa mengatakan bahwa orang hebat dulu itu seperti anak Anda dan mereka tak pernah menyerah hingga akhirnya bisa sukses.

    "Kegagalan itu bukan akhir segalanya."

    Banyak anak yang mudah stres atau depresi ketika ia gagal. Anda sebagai orang tua harus sudah bisa mengajarkan arti kegagalan kepada anak Anda. Jangan biarkan anak Anda langsung merasa dirinya tak berguna ketika ia mengalami sebuah kegagalan.

    "Tak perlu takut dengan semua kesalahan yang pernah kamu perbuat."

    Orang dewasa pun masih terus dan selalu membuat kesalahan. Yang terpenting adalah bagaimana kita semua belajar dari kesalahan tersebut dan tidak jatuh di lubang yang sama. Ketika anak Anda berbuat kesalahan seperti memecahkan gelas, jangan langsung memarahinya.

    "Bunda akan selalu menyayangimu."

    Anak yang merasa dirinya selalu aman dan disayangi akan tumbuh menjadi anak yang pemberani. Ia juga akan jauh dari pengaruh buruk lingkungannya. Ketika ia berbuat kesalahan, ia tahu kemana harus mencari cara untuk tak mengulangi kesalahan tersebut.

Anda memang tak harus sama persis mengatakan kalimat-kalimat di atas kepada anak Anda. Anda bisa mengubah kalimatnya dan mencari padanan kalimat yang sama-sama memberi efek positif untuk anak Anda.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading