Sukses

Parenting

Ketahui 5 Jenis Berbeda dari Penyakit Lupus

Lupus, merupakan penyakit kulit yang menimbulkan ruam merah. Penyakit lupus ini merupakan penyakit autoimun, yaitu suatu kondisi yang terjadi ketika sistem kekebalan tubuh berbalik melawan dirinya sendiri.

Anda mungkin bingung, namun penjelasannya seperti ini. Sistem kekebalan tubuh biasanya membuat protein yang disebut antibodi yang melindungi tubuh dari infeksi, namun pada penderita autoimun, sistem kekebalan tubuh kehilangan kemampuan mengenali dan membedakan mana sel-sel normal tubuh dan mana yang pembawa penyakit atau racun.

Hal inilah yang kemudian membuat antibodi menunjukkan gejala kemerahan pada kulit yang disebut dengan lupus. Namun penyakit ini juga memiliki jenis yang bisa dibedakan, seperti dilansir dari www.everydayhealth.com, ada 5 jenis dari lupus, yaitu

1. Cutaneous lupus
Jenis lupus cutaneous adalah diskoid, yang paling umum dan dikenali dari gejala kemerahan, tebal, ruam bersisik pada kulit leher, wajah dan kulit kepala. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari, namun ada juga yang bertahan hingga bertahun-tahun. Setelah lupus hilang, akan meninggalkan bekas pada ruam.  

2. Lupus sistemik
Ini adalah jenis lupus yang paling sering muncul yang dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh. Gejala yang ditimbulkan bisa ringan namun bisa juga berat dan hilang datang begitu saja seperti misalnya demam, nyeri sendi, rambut rontok dan ruam kemerahan saat terkena sinar matahari.

3. Drug-induced lupus
Jenis ini sangat jarang muncul dan sesuai namanya, jenis ini biasanya terjadi karena pengaruh obat jangka panjang. Laki-laki cenderung mengalami lupus ini daripada wanita. Cara pengobatannya bisa menggunakan obat hipertensi berupa hydralazine, dan procainamide untuk mengobati penyakit jantung.

4. Neonatal lupus
Jenis ini juga jarang terjadi, namun bisa terjadi pada ibu hamil yang kemudian menurunkan antibodi lupus kepada anak-anak mereka ketika lahir. Bayi yang terserang lupus biasanya menimbulkan gejala anemia dan ruam kulit. Hal ini bisa sembuh dan hilang dengan sendirinya dalam beberapa minggu.

5.  Lupus anak-anak
Lupus sistemik bisa menyerang anak-anak dan disebut lupus anak-anak. Meski memang gejala mirip sekali dengan lupus sistemik, namun kebanyakan yang mengalaminya adalah anak laki-laki dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.

Itu dia jenis-jenis lupus yang bisa dibedakan. Jika Anda mengalami ruam, dan bukan karena efek alergi, Anda bisa memeriksakan ke dokter dan mendapat diagnosa yang tepat, Ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading