Sukses

Parenting

Tips Agar Bayi Tetap Tidur Nyaman Saat Perjalanan Liburan

Anak-anak seringkali rewel atau bahkan kelelahan saat melakukan perjalanan jauh terutama untuk bayi. Sebagian besar orangtua merasa khawatir saat melakukan perjalanan jauh terlebih ketika mereka membawa si buah hati ikut serta. Perjalanan panjang ketika liburan maupun tempat baru saat liburan dirasa menjadi pemicu utama kenapa sebagian besar bayi rewel dan tidak memiliki kualitas tidur baik. Bagi Bunda yang merencanakan liburan panjang dan melakukan perjalanan jauh bersama si kecil. Dilansir dari foxnews.com, inilah beberapa tips agar bayi Anda tetap tidur nyaman saat perjalanan jauh.

    Siapkan Rencana

    Siapkan rencana yang matang dimana bayi Anda bisa mendapatkan tempat tidur nyaman saat di perjalanan nanti. Usahakan untuk memberikan tempat khusus baginya sehingga ia benar-benar rileks dalam tidurnya meskipun dalam perjalanan jauh. Sebagai orangtua, Anda juga perlu merencanakan kelengkapan apa saja yang akan dibawa untuk membuat si kecil selalu nyaman.

    Pastikan Bayi Siap

    Untuk mengajak si buah hati melakukan perjalanan jauh, pastikan bahwa ia benar-benar siap. Pastikan mereka siap melakukan perjalanan jauh terutama untuk kesiapan fisik dan kesehatannya. Bayi Anda bisa merasa nyaman saat di jalan ketika ia dalam kondisi badan fit dan suasana hati senang.

    Waktu Yang Tepat

    Ajak buah hati Anda melakukan perjalanan jauh di waktu yang tepat. Hindari mengajak buah hati Anda berpergian di waktu istirahatnya. Jika memaksa si kecil pergi di waktu istirahatnya, cobalah untuk menidurkan ia lebih awal. Hal ini bisa membuatnya jauh lebih tenang saat di perjalanan.

    Pengantar Tidur

    Jika bayi Anda terbiasa tidur dengan diiringi pengantar tidur, maka usahakan saat melakukan perjalanan panjang liburan Anda juga melakukan ritual pengantar tidur untuknya. Bawalah mainan-mainan kesayangannya untuk membuat ia lebih tenang. Ketika pengantar tidur si kecil adalah musik, cobalah untuk memutarkan musik kesukaannya atau menyanyikan lagu untuknya. Pastikan Anda memberikan ritual yang sama dengan di rumah untuk mendapatkan kualitas tidur baik untuk si kecil.

    Mintalah Bantuan

    Ketika Anda belum bisa menidurkan si kecil sendirian, cobalah mencari bantuan orang-orang di sekitar Anda. Usahakan bayi tetap merasa nyaman bahkan saat berada di tempat yang tidak terbiasa untuknya. Untuk memudahkan Anda dalam mengurus dan menjaga bayi saat tidur di perjalanan jauh, pastikan ada seseorang di samping Anda yang siap memberikan bantuan setiap Anda memerlukannya.

Pada dasarnya membuat bayi tidur dengan nyaman dan tenang di perjalanan bukanlah suatu yang sulit. Hal ini tergantung bagaimana persiapan Anda saat menghadapi perjalanan jauh. Ketika Anda siap dengan segala resiko dan kemungkinan yang terjadi di perjalanan nanti, sepertinya hal ini bisa memudahkan Anda dalam membuat si kecil memiliki kualitas tidur yang nyaman dan tenang.

Bagaimana Bunda, sudahkah Anda melakukan persiapan yang matang untuk perjalanan liburan di akhir tahun ini? Jika belum, usahakan untuk mempersiapkan segalanya sejak seminggu sebelum Anda berangkat. Semoga liburan kali ini menyenangkan :)

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tempat Hangout dan Belanja Terbaru di Jakarta dengan Konsep Ramah Lingkungan
Artikel Selanjutnya
Pemprov DKI Pasang Tugu Sepatu untuk Mempercantik Jakarta