Sukses

Parenting

Anak Bertanya Darimana Datangnya Bayi, Orang Tua Harus Menjawab Apa?

Terkadang kita tidak pernah tahu apa yang anak tanyakan. Seorang anak bisa saja tiba-tiba melontarkan pertanyaan yang membuat kita bingung menjawab. Misalnya, bertanya tentang darimana datangnya bayi. Bagi orang tua atau siapa pun yang ditanya seperti itu, mungkin bingung bagaimana harus menjawab sesuai nalar anak. Sehingga, langkah penggunaan kiasan sebagai jawaban membuat anak semakin bingung dan tersesat dalam mitos.

Dari penjelasan yang semakin membingungkan anak, maka anak akan mendapatkan pemahaman yang keliru. Seperti yang dilansir oleh Metro.co.uk, sebuah video yang menayangkan percakapan antara ayah dan ibu dengan anaknya yang masih kecil tentang bagaimana proses bayi lahir. Mungkin sebagian dari kita menganggap hal itu tabu dan belum pantas diceritakan pada anak, tapi itu perlu.

Ekspresi Anak-anak Saat Mendengar Penjelasan Orang Tua. | Foto: copyright Metro.co.uk

Anak-anak masih percaya bahwa bayi lahir keluar dari bokong ibu dan menurut mereka organ intim wanita diibaratkan seperti lubang rumah igloo (rumah khas bangsa eskimo). Di dalam video yang akan membuat Anda sedikit bergidik atau geli, itu, terjadi sebuah perbincangan antara orang tua dan anak. Mereka membahas tentang seks untuk pertama kalinya.

Beberapa sungguh mengejutkan, sebagian anak itu tahu bagaimana proses ilmiah terjadinya bayi hingga melahirkan. Sungguh bermacam-macam ekspresi yang mereka tunjukkan saat orang tua mereka menjelaskan proses terjadinya bayi.

Ekspresi yang ditunjukkan ada yang bergidik, geli, marah dan tidak mau melanjutkan perbincangan, malu-malu atau memprotes orang tuanya agar tidak tertawa lagi. Selain itu, ketika orang tua mereka meminta mereka mengulang istilah ilmiah organ wanita, ada yang keliru menyebutkan nama berulang kali hingga mengundang tawa orang tuanya.

Ladies, pendidikan seks pada anak itu penting dimulai sejak dini. Bukan berarti dengan menanggalkan etika moral, melainkan murni dengan penjelasan ilmiah yang sekiranya bisa langsung dipahami oleh anak. Memang tidak mudah membuat anak paham dan membutuhkan kesabaran serta ketelatenan untuk menghadapi pertanyaan-pertanyaan anak yang cerdas dan menjebak. Berikut video yang menayangkan percakapan beberapa orang tua dan anak.

Video: copyright youtube.com/ Break Clips

Oleh sebab itu, Anda juga harus terus belajar bagaimana menjelaskan pada anak jika mereka bertanya sesuatu yang membuat kita kaget atau tabu. Alangkah lebih baik jika mereka mendapatkan informasi dari orang tuanya daripada harus mencari sumber lain yang justru membahayakan anak-anak.

(vem/nip)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading