Sukses

Parenting

Kembalikan Stamina Tubuh Usai Liburan dengan Bahan Herbal

Hari raya Lebaran 1436 Hijriyah telah usai, begitu pula dengan aktivitas mudik dan bersilaturahmi dengan keluarga. Kegiatan mudik memang menyenangkan, mengingat ini adalah moment bahagia dimana seseorang akan berjumpa kembali dengan saudara lama yang sudah sekian lama tak bertemu, hanya saja sebagian besar kegiatan mudik ini akan membuat orang terkuras energinya sehingga terjangkit kelelahan dan kurang tidur.

Menurut koordinator Klinik Saintifikasi Jamu Hortus Medicus, dr. Danang Ardiyanto. Penyakit yang biasanya terjadi segera setelah lebaran setelah seseorang pulang mudik yang melelahkan adalah penyakit infeksi pernafasan atas dan diare.

Selain itu banyak pasien yang datang ke klinik yang berada di bawah Badan Litbangkes Kementrian Kesehatan ini, mengeluh merasa lemas dan kekurangan energi.

"Untuk sampai di kampung halaman saat mudik lebaran, seseorang harus melakukan perjalanan yang melelahkan baik dengan kendaraan sendiri ataupun dengan kendaraan umum baik bus atau kereta api, begitu pula aktifitas liburan yang umumnya penuh dengan berbagai kegiatan, setelah itu mereka harus berjuang kembali ke kota dimana mereka mencari nafkah, tentunya ini sangat menguras energi dan daya tahan tubuh, sehingga tubuh rentan terserang penyakit.” Ujar dr Danang Ardiyanto.

Dr. Danang menambahkan, selain beristirahat dan mengembalikan pola makan yang sehat. Ada beberapa bahan herbal yang dapat digunakan untuk meregenerasi energi dan juga daya tahan tubuh, antara lain:

    Echinacea

    Berdasarkan penelitian ilmiah, echinacea memang dapat meningkatkan kekebalan tubuh karena mampu meningkatkan kadar interferon, menstimulasi fagositosis untuk mendukung sel darah putih dan limfosit melalui pelepasan tumor necrosis factor, interleukin-1, dan interferon beta-2 hingga mampu menyerang organisme asing yang masuk ke dalam tubuh.

    Echinaceae juga meningkatkan jumlah dan aktivitas sel imun termasuk sel antitumor, meningkatkan aktivasi sel T, menstimulasi pertumbuhan jaringan baru untuk penyembuhan luka, mengurangi inflamasi pada artritis (radang sendi), dan kulit yang terkena inflamasi. SOHO Global Health mengambil kandungan serta manfaat dari Echinacea dalam produknya yaitu Imboost.

    Pegagan

    Pegagan (Centela asiatica) merupakan tanaman tradisional mempunyai manfaat sebagai imunomodulator pada penyakit yang membutuhkan pertahanan sistem imun seluler maupun humoral. Kandungan senyawa glikosida triterpenoid dan Asiaticoside mempercepat perbaikan sel-sel kulit dan meningkatkan daya tahan tubuh non spesifik.

    Kunyit

    Kunyit (Curcuma domestica val) mengandung zat aktif yang khas yaitu curcuminoide dan Ukanon jenis A, B, C dan D yang berfungsi merangsang daya tahan tubuh.

    Bawang Putih

    Bawang putih mempunyai keunggulan yaitu untuk menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, meregulasi aliran darah, meningkatkan gairah bercinta dan banyak lainnya. Kalau diperhatikan lebih jauh, bawang putih memiliki fungsi dalam meningkatkan kekebalan. Bawang putih mengandung allcin, sebuah komponen kuat yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi.



(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading