Sukses

Parenting

Hamil 5 Bulan, Ini 8 Perubahan yang Akan Terjadi

Saat hamil, banyak perubahan yang terjadi di dalam tubuh sang ibu. Bahkan perubahan itu tak hanya soal perubahan fisik tapi juga mental. Dan ketika usia kehamilan memasuki lima bulan, ada banyak perubahan baru yang terjadi.

Ladies, bila saat ini Anda sedang hamil lima bulan (atau mungkin baru mempersiapkan kehamilan), ada sejumlah hal yang perlu Anda ketahui. Dilansir dari lifehack.org, ada delapan perubahan yang akan terjadi saat Anda sedang hamil bulan. Perubahan-perubahan ini mungkin terlihat tak biasa tapi semua perubahan ini tergolong masih normal. So, Anda tak perlu panik menghadapinya.

    Sering Bermimpi Buruk

    Kombinasi antara insomnia dan stres menyambut kelahiran sang buah hati bisa menjadi penyebab Anda bermimpi buruk. Kalau Anda bermimpi buruk, cobalah untuk tetap tenang. Tarik napas dalam dan perlahan atau dengarkan musik yang lembut. Buat diri Anda kembali tenang. Kalau perlu catat seberapa sering Anda mengalami mimpi buruk untuk dikonsultasikan dengan dokter.

    Baby Bump Jadi Lebih Jelas

    Saat usia kehamilan sudah memasuki lima bulan, maka perut Anda akan terlihat lebih buncit. Tapi, tentu saja, setiap wanita bisa mengalami hal yang berbeda jika berkaitan dengan baby bump.

    Mulai Bisa Mengetahui Jenis Kelamin Bayi

    Nah, Anda sudah bisa coba mengetahui jenis kelamin bayi saat usia kehamilan Anda memasuki lima bulan. Anda bisa segera pergi ke dokter dan melakukan pemeriksaan USG.

    Lebih Sering Buang Air Kecil

    Bayi yang semakin besar di dalam rahim akan semakin menekan ginjal. Sehingga Anda akan lebih sering buang air kecil. Meski Anda akan lebih sering buang air kecil, jangan lupa untuk tetap minum air putuh yang cukup, ya Ladies.

    Gerakan Bayi yang Lebih Kuat

    Anggota badan bayi Anda sudah makin berkembang. Hingga ia akan semakin aktif. Anda pun akan merasakan gerakan atau tendangan bayi yang lebih kuat dari biasanya.

    Rambut, Kuku, dan Alis Bayi Mulai Tumbuh

    Di usia kehamialn Anda yang masuk lima bulan, bayi dalam kandungan sudah mulai memiliki rambut, kuku, dan alis.

    Bayi Akan Mulai Memproduksi Mekonium

    Apa itu mekonium? Mekonium adalah senyawa tak berbahaya, tersusun dari berbagai hal yang ditelan atau dimakan bayi saat berada di rahim. Mekonium ini juga disebut tahi gagak, tinja berwarna hitam kehijau-hijauan yang pertama kali keluar dari dubur bayi yang baru lahir.

    Nyeri di Sejumlah Bagian Sendi

    Anda akan merasakan nyeri atau pegal di sejumlah bagian sendi, sekitar pinggang, perut, dan selangkangan. Tapi tak perlu khawatir. Hal ini normal terjadi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kompres air hangat dan hindari melakukan gerakan secara tiba-tiba. Juga jangan lupa berolahraga ringan secara teratur.

Penting untuk selalu mengecek kehamilan Anda secara rutin ke bidan atau dokter. Kalau Anda mengalami keluhan-keluhan yang tak biasa, jangan ragu untuk segera mencari bantuan, ya Ladies.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
7 Penyebab Keguguran yang Paling Umum, Mulai dari Riwayat Kesehatan hingga Gaya Hidup
Artikel Selanjutnya
5 Hal Penting yang Perlu Dihindari saat Hamil