Sukses

Parenting

Cegah Tidur Anak Terganggu Karena Suara Berisik, Gunakan White Noise

Gangguan susah tidur adalah masalah yang umum dihadapi oleh orang dewasa. Tapi, ternyata gangguan ini juga bisa dialami oleh anak kita lho, Bunda. Dalam laman www.justmommies.com, disebutkan bahwa bayi juga memiliki resiko gangguan susah tidur sama halnya seperti yang dialami oleh orang dewasa.

Terjadinya gangguan susah tidur pada bayi ini belum banyak diketahui penyebabnya, tapi bisa jadi alasan inilah yang menyebabkan bayi menjadi rewel saat malam hari, terbangun tengah malam, bahkan kolik.

Beberapa bayi bermasalah susah tidur, sementara beberapa yang lain tidak memiliki masalah untuk tidur tapi seringkali terbangun di tengah tidurnya dan terus rewel dan susah untuk ditidurkan kembali. Suara bising di sekitar rumah, dering telepon, atau bahkan suara orang tua saat ngobrol bisa jadi penyebab utama anak terbangun di tengah malam dan mulai rewel.

Anda tidak bisa memastikan bahwa rumah Anda benar-benar terbebas dari suara berisik saat anak Anda tertidur. Jadi, cara termudah untuk membuat anak tertidur dan terhindar dari insomnia adalah dengan menggunakan white noise. Apa itu white noise?

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. Karena itu, white noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur.

White noise terbukti ampuh mengatasi masalah anak yang susah tidur karena suara berisik karena ketika bayi masih berada di dalam rahim, ia dikelilingi oleh cairan ketuban. Suara-suara yang ada di luar rahim, terdengar mirip dengan white noise.

Karena suara white noise mirip dengan suara yang ia dengan ketika masih berada di dalam rahim, bayi yang menangis karena tidak bisa tidur atau tidurnya terganggu akan kembali tenang dan tertidur jika kita memperdengarkan white noise ini kepadanya.

Cara paling mudah untuk mendapatkan white noise ini adalah dengan melakukan shushing atau dengan membisikkan "suuuus" di telinga bayi. Jika shusing ini masih belum berhasil untuk menenangkan dan menidurkan bayi, Anda bisa menggunakan hair dryer atau vacum cleaner sebagai pilihan bantuan.

Nah, Bunda, semoga informasi ini dapat semakin memperkaya pengetahuan kita dalam mengasuh anak ya. Semoga, anak Anda tidur dengan nyenyak tanpa gangguan malam ini.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading