Sukses

Parenting

Bahaya, Ternyata Lilin Aromaterapi dan pengharum Ruangan Buruk Untuk Kesehatan

Stres itu buruk untuk kesehatan, oleh karena itu muncullah banyak cara untuk membuat kamu merasa rileks dan bisa melepas stres agar tidak mempengaruhi kesehatan. Salah satu benda yang seringkali dipakai untuk meredakan stres adalah lilin aromaterapi yang memberi aroma harum yang berfungsi merangsang sistem syaraf otak untuk lebih santai.

Tapi apa jadinya jika ternyata lilin aromaterapi yang sering dipakai untuk meredakan stres justru memberi pengaruh buruk untuk kesehatan? John Naish dari Daily mail menemukan bukti mengejutkan bahwa ternyata benda-benda tersebut tidak aman. Bukan hanya lilin aromaterapi saja, aerosol, dupa, pengharum ruangan (padat, semprot, maupun gel) juga masuk dalam daftar berbahaya untuk kesehatan.

Peneliti menemukan bahwa penggunaan lilin aromaterapi dalam jangka waktu lama bisa menyebabkan tumor, gangguan kesehatan paru-paru dan asma. Bukan hanya itu, bahan kimia (formaldehyde dan paraffin) yang terkandung dalam lilin aromaterapi tersebut juga berpotensi mengubah struktur DNA sehingga memudahkan berbagai penyakit kanker hinggap di tubuh.

Dari hasil pembakaran lilin dan semprotan pengharum ruangan, bahan kimia tersebut bisa terperangkap di dalam paru-paru dan menyebabkan radang. Masih menurut John Naish, bahkan aroma seperti cendana dan gaharu bisa lebih berbahaya daripada rokok dalam hal merusak DNA.

Untuk pengharum ruangan, bukan hanya merusak struktur DNA, tapi juga bisa mengganggu produksi hormon dan bisa menyebabkan asma. Bahan kimia formaldehyde dalam pengharum ruangan bisa menyebabkan kanker. Bahkan menurut penelitian International Journal of Public Health tahun 2013 lalu, ibu hamil yang sering menggunakan pengharum ruangan untuk menghindari mual ternyata berisiko melahirkan bayi yang mengalami gangguan pernafasan dan infeksi paru-paru.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk melepas stres, dan jika tak bisa menggunakan lilin aromaterapi dan pengharum ruangan namun ingin tetap bisa mencium harumnya alam, pergilah langsung ke luar, ke taman atau pegunungan. Ini lebih alami dan aman.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading