Sukses

Parenting

5 Cara Mudah Agar Udara di Rumah Lebih Segar dan Sehat (Walau Tak Punya AC)

Selain hidup sehat, salah satu unsur yang tak kalah penting bagi kesehatan kita adalah menghirup udara segar. Udara yang kita hirup tidak hanya akan berhenti berproses di paru-paru, tapi juga berlanjut ke otak bahkan darah, Ladies. Karena itu, penting sekali menjaga kesegaran udara, terutama di tempat kita menghabiskan waktu paling banyak, misalnya rumah, seperti kata Foodmatters.tv.

Udara di Dalam Ruangan Bisa Mengandung Racun Lho!

Udara di dalam ruangan bisa jauh lebih beracun dibanding dengan udara di luar, Ladies. Karpet dan cat dinding bisa memancarkan senyawa berbahaya yang disebut dengan volatile organic compounds (VOCs). VOCs ini berbahaya dan beracun terhadap semua anggota tubuh. Selain itu, produk-produk pembersih juga bisa menyebarkan aroma dan gas kimia yang akan mencemari udara.

Untuk menghindari serangan racun di dalam ruangan, kita bisa melakukan 6 langkah mudah ini:

    Buka Pintu dan Jendela Sesering Mungkin

    Ini adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan. Buka pintu dan jendela rumah lebar-lebar agar udara bisa bersirkulasi. racun-racun yang ada di dalam rumah juga bisa keluar melalui pertukaran udara. Namun udara dingin atau serangga sering menjadi kendala jika kamu melakukan langkah pertama ini ya? So, yuk lanjut ke langkah kedua.

    Letakkan Tanaman Hidup di Dalam Rumah

    Selain dapat meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan, tanaman hidup yang kamu letakkan di dalam rumah juga akan menjadi dekorasi alami yang indah, Ladies. Tapi jangan lupa rawat tanaman itu juga. Dan, pilihlah tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari, agar lebih tahan lama.

    Pakai Produk Pembersih Yang Tidak Beracun

    Go green, green living, dan kampanye "hijau" lainnya membuat banyak produsen mengembangkan produk-produk yang lebih aman dan bebas racun, Ladies. Tenang saja, kamu dengan mudah akan mendapatkan produk pembersih berbasis cinta lingkungan yang lebih aman untuk lingkungan dan untuk kesehatan kamu beserta keluarga.

    Ganti Karpet Dengan Lantai Kayu

    Atau tidak perlu pakai karpet. Bukan hanya VOCs, tapi karpet juga bisa menyimpan debu, kotoran, racun, dan bakteri yang tidak baik untuk kesehatan kamu.

    Pakai Penyaring Udara

    Investasi yang cukup mahal untuk kamu dan keluarga, namun penyaring udara seperti HEPA (High Efficiency Particulate Air) memiliki kemampuan untuk memusnahkan bakteri dan jamur, serta menghilangkan bau, racun, atau kontaminasi lainnya dari udara. 

Selain itu, jangan lupa membersihkan AC secara rutin, agar udara yang bersirkulasi tidak tercemar, dan kamu tetap bisa menghirup udara segar. Tips ini juga bisa diterapkan di kantor lho, Ladies.

(vem/reg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading