Sukses

Parenting

5 Cara Agar Anak Lebih Cinta Buku Daripada Gadget

Di zaman yang serba canggih dan setiap orang sudah punya gadget, kamu mungkin merindukan masa-masa saat buku masih jadi favorit banyak orang. Seperti yang banyak orang tahu, ada kalimat yang mengatakan bahwa buku adalah jendela dunia, namun sepertinya peran itu mulai tergeser dengan munculnya internet.

Tidak heran jika kemudian generasi masa kini lebih lekat dengan internet daripada dengan buku. Tapi jangan biarkan anak-anak lebih mencintai layar komputer atau gadget, karena membiasakan membaca buku punya lebih banyak manfaat lho. Coba lima tips berikut ini agar anak-anak suka membaca buku.

    Biasakan membaca buku di rumah (bahkan sebelum mereka sekolah)

    Kebiasaan baik harus dimulai dari lingkungan terdekat, yaitu keluarga. Mengajak anak untuk terbiasa membaca buku rumah akan membuatnya sadar pentingnya membaca buku. Kamu bisa memulainya dengan buku dongeng anak-anak yang disukainya, bahkan sebelum mereka masuk TK atau SD.

    Tak masalah membaca buku yang sama berulang kali

    Ketika anak-anak menyukai sesuatu, ia akan terus mengulang hal itu lagi dan lagi. Jangan bosan menemaninya membaca satu buku berulang kali, meski ia sudah hafal isi cerita namun kesenangan yang sama masih dirasakan anak, jadi temani saja sambil kamu mengenalkan buku cerita yang lainnya.

    Bacakan buku cerita yang ingin kamu baca

    Meski ia mungkin tak mengerti dengan apa yang kamu baca, biarkan ia bergabung melihat apa yang kamu baca. Kamu bisa membacakan beberapa kalimat di dalamnya dan menjelaskan apa yang sedang kamu baca. Buat sesimpel mungkin.

    Buat kegiatan yang berhubungan dengan cerita di buku

    Ada baiknya kamu membuat kegiatan yang berhubungan dengan cerita buku agar anak senang, seperti misalnya menggambar atau mewarnai gambar Cinderella dan lain sebagainya. Hal ini juga bisa sekaligus melatih keterampilan motorik dan kreativitasnya.

    Hubungkan cerita buku dengan kehidupan nyata

    Ada banyak pelajaran berharga dari cerita dongeng, fabel dan cerita anak-anak lainnya yang bisa dihubungkan dengan kehidupan nyata, kegiatan sehari-hari dan pembentukan karakter anak. Saat mengajarkan sesuatu, biasanya anak lebih paham jika kamu menghubungkan dengan cerita yang pernah ia dengar dan lihat dari cerita anak-anak.

Jadi, tidak sulit sebenarnya membiasakan anak membaca, asal kebiasaan itu juga tumbuh lebih dulu di kehidupanmu dan anak bisa menirunya darimu. Yuk ajarkan anak untuk lebih mencintai buku daripada gadgetnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading