Sukses

Parenting

Finansial Keluarga Bermasalah, 3 Hal Ini Bisa Jadi Tersangkanya

Hidup sejahtera bersama keluarga dalam kondisi finansial yang mapan, tentu menjadi impian semua orang. Namun, dengan kondisi perekonomian negara yang kerap mengalami fluktuasi, rasanya hampir mustahil bisa melakoni hidup seperti itu, terutama jika Anda memiliki tanggungan keluarga yang cukup besar dengan anak-anak yang masih kecil dan membutuhkan banyak pengeluaran untuk keseharian dan pendidikan.

Gaji yang dianggap kurang seringkali dianggap sebagai penyebab terjadinya masalah finansial dalam keluarga. Memang, pemasukan adalah sumber dana kita untuk membiayai segala kebutuhan. Tapi bukan berarti Anda bisa sepenuhnya menyalahkan jumlah pemasukan sebagai akar permasalahan finansial keluarga.

Kebiasaan mengatur keuangan keluarga yang buruk ataupun kesalahan mengatur dan mengarahkan pengeluaran juga bisa menjadi sumber masalah finansial keluarga. Selain itu, seperti disebutkan dalam laman www.livestrong.com, 3 hal berikut ini juga bisa menjadi tersangka dari terjadinya masalah finansial keluarga. Yuk, simak.

  • Tidak Mengetahui Jenis Penyimpanan Uang. Untuk bisa menjadi pengatur keuangan yang baik, kita tentu harus memahami dengan benar jenis-jenis penyimpanan uang seperti simpanan, tabungan dan investasi. Selama ini, kebanyakan wanita, sayangnya tidak begitu memahami perbedaan antara 3 hal ini. Padahal dengan memahami perbedaan dari 3 jenis penyimpanan ini tentu kita akan lebih mudah dalam mengatur keuangan.
  • Hobi Kredit. Tidak pernah menabung membawa kita kepada permasalahan lainnya: utang ataupun kredit. Riset menunjukkan 18% responden sering berutang/kredit. Bukan untuk kebutuhan premier dan darurat saja, tapi untuk memenuhi gaya hidup mengingat mudahnya fasilitas cicilan.
  • Gaya Hidup Mahal. Gaya hidup seharusnya disesuaikan dengan jumlah pemasukan. Sayangnya, sebagian wanita, karena menuruti gengsi memiliki gaya hidup yang mahal di luar kemampuannya.

Nah, itulah 3 sumber permasalahan finansial keluarga. Pastikan Anda memperhatikan 3 hal ini agar bisa menghindarinya, ya.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading