Sukses

Parenting

Penting, Inilah 4 Tanda Gejala Kemandulan Wajib Kamu Tahu

Setiap pasangan yang telah menikah, dipastikan bahwa keduanya ingin segera mendapatkan buah hati. Tak hanya untuk membuat keluarga yang dibangun semakin bahagia, keberadaan buah hati juga akan memberikan warna baru di dalam sebuah keluarga. Kehadiran buah hati juga akan menjadi semangat baru yang mampu membuat pasangan semakin cinta satu sama lain. Tapi sayangnya, tidak sedikit pasangan yang harus menunggu waktu lama hingga akhirnya buah hati hadir di tengah-tengah mereka.

Jika kamu dan pasangan sedang menjalankan program untuk dapatkan buah hati tapi tak kunjung mendapatkannya dalam waktu yang lama, sudah sebaiknya kamu dan pasangan mencari tahu apa yang salah dengan kondisi kesuburan juga kesehatan tubuh. Ini bukan untuk menakut-nakuti. Hanya saja, pada kenyataannya banyak orang yang mengabaikan kondisi kesuburan dan kesehatan tubuhnya hingga membuatnya kesulitan dapatkan buah hati.

Dikutip dari berbagai sumber, sebenarnya ada banyak tanda yang menunjukkan bahwa kesuburan dan kesehatan tubuh bermasalah. Ada banyak pula gejala yang sebenarnya bisa dirasakan ketika seseorang mengalami kemandulan atau sulit memiliki buah hati. Apa saja tanda gejala kemandulan tersebut? Berikut gejalanya.

(vem/mim)

Program Hamil Selalu Gagal

Tanda pertama yang menujukkan adanya tanda kemandulan adalah program hamil yang selalu gagal. Idealnya, program hamil untuk wanita dan pria sehat akan berhasil dilakukan kurang dari 6 bulan. Tapi, jika program hamil yang dilakukan selama 6 bulan hingga lebih tak kunjung membuahkan hasil, disarankan agar kamu dan pasangan sama-sama memeriksakan diri ke dokter.

Minta saran dari dokter dan cari tahu lebih lanjut kesehatan kalian berdua. Kalau keduanya sehat tapi tak juga dapatkan buah hati, percaya saja bahwa Tuhan memang belum mengizinkan kalian untuk menimang momongan.

Masa Haid Tidak Teratur

Untuk kamu setiap wanita yang selama ini memiliki masa haid yang tidak teratur, bisa saja ini menjadi salah satu tanda bahwa kamu kurang subur atau bahkan mandul. Bukan untuk menakut-nakuti. Hanya saja, beberapa ahli medis mengungkapkan bahwa salah satu tanda kemandulan adalah masa haid yang tidak teratur.

Masa haid tidak teratur bisa berupa jarak haid yang terlalu lama, terlalu pendek atau tidak rutin terjadi setiap bulannya. Ketidakteraturan masa haid bisa saja disebabkan oleh gangguan keseimbangan hormon.

Nyeri Perut Hebat Saat Haid

Tanda ketiga yang menjadi tanda dari gejala kemandulan adalah nyeri hebat pada perut setiap kali haid. Gejala ini bahkan menjadi sangat besar ketika sakit yang dirasakan terjadi lebih dari 2 hari. Tak hanya sakit atau nyeri hebat saja yang menjadi tanda, jumlah darah haid juga bisa memprediksi seseorang subur atau tidak.

Darah haid yang keluar sangat banyak dan terjadi dalam waktu yang lama, ini memungkinkan risiko kemandulan atau ketidaksuburan lebih besar. Biasanya, nyeri ini terjadi karena adanya gangguan hormon, karena risiko kista di kandungan atau karena masalah pada dinding rahim lainnya. Jika mengalami kondisi ini, sangat disarankan agar kamu memeriksakan diri ke dokter dan cari tahu apa yang terjadi pada tubuh kamu.

Munculnya Jerawat Kistik

Untuk tanda kemandulan yang selanjutnya adalah munculnya jerawat kistik. Apa sih jerawat kistik tersebut? Jerawat kistik merupakan jerawat parah yang terjadi akibat pori-pori kulit yang tersumbat oleh sel kulit mati, bakteri atau minyak. Biasanya, jerawat kistik muncul di akhir usia 20an dan awal usia 30an.

Meski jerawat kistik adalah tanda dari kemandulan, hal ini tak perlu dikhawatirkan terlalu berlebih Ladies. Mengenai jerawat, ini bisa saja terjadi karena perubahan hormon, karena pengaruh makanan atau pola hidup dan karena kurang terjaganya kebersihan kulit serta stres berat.

Itulah beberapa gejala kemandulan yang sering terjadi pada seseorang khususnya seorang wanita. Tak hanya terjadi pada wanita, kemandulan juga bisa terjadi pada pria. Dan untuk gejala dari pria yang mandul, gejala tersebut antara lain adalah cairan sperma yang telalu encer, tidak adanya sperma yang keluar saat melakukan hubungan intim dan mencapai klimaks dan masih banyak lagi. So Ladies, jika kamu serta mengalami gejala-gejala di atas, usahakan untuk segera memeriksakan diri ke dokter dan mintalah saran dari dokter.

Akan sangat baik jika kalian berdua sama-sama memeriksakan diri dan mengetahui yang sebenarnya terjadi pada diri kalian. Semoga, informasi ini bermanfaat. Buat siapapun yang sedang menanti momongan di keluarganya, semoga Tuhan segera memberikan. Terus bersabar dan teruslah berusaha untuk mendapatkan yang terbaik dariNYA.
[pos_1]

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading