Sukses

Parenting

Bayi Tak Mau Menyusu? Ini Yang Harus Mommy Lakukan

Saat menjadi seorang ibu tentu ada tantangan tersendiri Mom. Ada banyak hal-hal baru yang akan dihadapi. Salah satu fase yang membuat banyak ibu sedikit kebingungan adalah saat masa menyusui. Ada kalanya si kecil tak mau menyusu. Nah, apa sih yang harus dilakukan?

Saat bayi tak mau disusui sebaiknya Mommy periksa dulu apa penyebabnya, apakah ia sedang sakit atau tidak nyaman, atau mungkin ada sebab yang lain. Bayi tak mau menyusu pasti ada sebabnya. Saat bayi rewel dan tak mau disusui pasti ia dan Mommy sama-sama merasa tak nyaman. Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa dicoba agar si kecil mau disusui lagi.

  • Coba teteskan susu pada puting Mommy, atau pada mulut bayi untuk membuatnya mau disusui lagi. Tapi jika ia masih tidak mau, jangan diteruskan dan coba lagi nanti.
  • Coba ganti posisi menyusui. Kalau hidungnya sedang tersumbat, gendong dia dengan posisi agak tegak atau tidak dalam posisi tidur agar hidungnya bisa sedikit lega saat minum susu.
  • Pilihlah tempat yang tenang dan tak ada gangguan dan coba susui bayi. Siapa tahu ia terganggu dengan suasana sekitar yang berisik.
  • Kalau bayi sedang tumbuh gigi, sebaiknya sebelum minum susu gosok perlahan gusinya dengan kain yang dingin.


Jika tips-tips tersebut sudah dicoba dan si bayi tetap saja rewel maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat ya Mommy.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading