Sukses

Parenting

4 Hal yang Perlu Diketahui Agar Tak Takut Menyusui

Pengalaman menyusui untuk pertama kalinya bisa jadi pengalaman yang mendebarkan. Ada kecemasan dan kegelisahan yang dirasakan. Khususnya bagi para ibu muda yang belum punya pengalaman soal menyusui.

Pada dasarnya pengalaman menyusui bisa berbeda pada setiap wanita. Hanya saja memang sudah jadi hal yang lumrah saat muncul rasa takut ketika menyusui. Berikut ini ada empat hal dasar yang perlu diketahui untuk mengenyahkan rasa takut atau cemas berlebih soal menyusui. Yuk, kita ikuti info lengkapnya di sini, Moms!

    Persiapkan Sebelum Melahirkan

    Penting sekali untuk mempersiapkan diri sejak jauh-jauh hari. Sebelum melahirkan, seorang ibu perlu mempersiapkan dirinya secara matang untuk siap menyusui. Bisa dengan mengikuti kelas khusus seputar menyusui. Membaca buku atau berbagai referensi terkait menyusui. Hingga menjaga asupan gizi dan nutrisi agar bisa memberi ASI yang terbaik untuk sang buah hati.

    Menyusui Seharusnya Tak Menyakitkan

    Seperti yang dikutip oleh familyshare.com, kalau Moms merasa sakit saat sedang menyusui si kecil, itu bisa jadi tanda si kecil tak menyusu dengan baik. Kalau rasa sakitnya lebih dari 30 detik, lebih baik hentikan dulu kegiatan menyusui sebentar baru dilanjutkan lagi.

    Payudara Memproduksi ASI Bukan Menyimpan ASI

    Saat Moms merasa payudara tak bisa memproduksi cukup ASI, itu bisa jadi tanda kalau si kecil butuh ASI lebih banyak dari biasanya. Tarik napas dalam-dalam lalu yakinlah bahwa tubuh akan memproduksi ASI yang dibutuhkan oleh si kecil.

    Bengkak Bisa Terjadi di Awal-Awal Menyusui

    Saat awal-awal menyusui, Moms mungkin akan mengalami sedikit pembengkakan di area puting atau payudara. Hal ini masih terbilang normal. Tapi jika gejalanya disertai dengan demam atau rasa sakit yang berkepanjangan, segera hubungi dokter.

Intinya memang jangan sampai kita stres atau cemas berlebihan. Penting sekali untuk selalu mendapat istirahat cukup dan menjaga pola makan sehat setiap hari.

Jangan ragu untuk menghubungi dokter kalau mengalami gejala atau sesuatu yang terasa tak biasa, ya Moms. Semoga info ini bermanfaat.

(vem/nda)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Viral ASI Wanita Ini Berubah Warna Jadi Pink, Apa Penyebabnya?
Artikel Selanjutnya
8 Arti Mimpi Menyusui Bayi yang Mengejutkan, Pertanda Rezeki dan Keberuntungan