Sukses

Parenting

4 Cara Sehat Mengurangi Gula Dari Makanan & Camilan Anak

Anak makan apa saja yang diberikan orangtua padanya, terlepas itu sehat atau tidak. Tapi jika kamu ingin anak tumbuh dan makan makanan sehat, maka biasakan gaya hidup sehat pada anak sejak ia masih kecil, Moms. Salah satunya adalah mengurangi gula pada makanan anak.

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan Public Health England, anak usia 4-8 tahun sebaiknya tidak boleh mengonsumsi gula lebih dari 130 kalori atau sekitar 3 sendok teh per hari. Anak usia sekolah dasar tidak boleh lebih dari 170 kalori atau setara 4 sendok teh.

    Ganti dengan buah

    Jika anak mau makan manis, buatkan salad buah. Ganti dengan buah pisang, semangka, melon, atau mangga. Bisa juga buatkan jus untuk anak. Rasa manisnya lebih alami tanpa tambahan gula.

    Separuh-separuh

    Kurangi gula pasir dan ganti dengan madu. Jika membuatkan susu atau teh, jangan menambahkan gula terlalu banyak. Bisa tuangkan gula pasir sedikit, separuhnya tambahkan madu.

    Hindari makanan yang manis-manis

    Kurangi cokelat, permen, es krim atau susu kemasan. Buat anak ngemil yang tidak terlalu manis seperti biskuit, kacang-kacangan atau pop corn.

    Sarapan sehat

    Buatkan sarapan yang tidak berbasis gula seperti pancake atau roti tawar selai. Buatkan sarapan nasi dan telur dadar atau bubur ayam.

Jika anak sarapan sehat dan kenyang, anak akan mengurangi minta makanan-makanan manis atau ngemil. Yuk biasakan makan sehat untuk anak dari sekarang.

(vem/feb)
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Abaikan, Ini 5 Tanda Stres pada Anak dengan Kepribadian Introvert!
Artikel Selanjutnya
Waktu Media Sosial Sebanyak Ini yang Timbulkan Masalah Kesehatan Mental pada Anak