Sukses

Parenting

Agar Anak Tak Rewel Saat Diminta Makan Sayur, Begini Tipsnya Mom

Sayuran mengandung berbagai nutrisi dan gizi penting buat tumbuh kembang anak. Tapi sayangnya, ketika anak disuruh mengonsumsi sayuran, ada saja alasan yang mereka ungkapkan. Mulai dari rasa sayuran yang tidak enak, sudah kenyang hingga masih ada makanan yang lebih enak daripada sayur di lemari pendingin. Tidak sedikit anak yang enggan bahkan anti terhadap masakan yang berbahan dasar sayuran. Kalau sudah begini, tentu orang tua dibuat bingung dan sedih olehnya.

Dikutip dari laman asiantown.net, ketika anak tidak mau makan sayuran, para peneliti di Swansea Universty menyarankan agar orang tua tidak memaksa anak untuk memakannya. Meminta anak untuk makan sayur dengan paksaan justru membuat anak semakin benci dan tidak mau makan.

Butuh beberapa metode agar anak mau makan sayur tanpa harus dipaksa terlebih dulu oleh orang tua. Metode utama yang sangat penting dilakukan adalah Mom membiasakan konsumsi sayuran saat mengandung. Ketika Mom mau konsumsi sayur saat mengandung, ini akan membuat bayi di kandungan terbiasa dengan nutrisi dan rasa sayuran. Kebiasaan inilah yang nanti membuat anak menyukai sayuran setelah dilahirkan.

Adapun metode lainnya yakni sebagai berikut.

  1. Ajak anak memilih sayuran yang ia suka. Kalau Mom sedang berbelanja, sesekali ajak anak berbelanja dan biarkan ia memilih sayur, buah atau makanan lain yang ia suka.
  2. Usahakan sesering mungkin memasak sayur buat semua anggota keluarga. Ketika anak mengetahui semua keluarganya menyukai sayuran, secara tidak langsung hal ini akan mempengaruhinya untuk menyukai sayuran pula. 
  3. Ajak anak memasak di dapur. Mengajak anak memasak akan menjadikannya lebih kreatif dan menghargai setiap masakan atau makanan yang ia konsumsi setiap hari. 
  4. Tawarkan sayur sepanjang waktu untuk anak. Anak yang didorong terus menerus untuk konsumsi sayur lama-lama akan terbiasa dan menyukai sayur. Tapi ingat, saat meminta anak makan sayur jangan meminta dengan paksaan. Mom cukup menawarkan sayur padanya dan biarkan ia mencobanya sendiri. 
  5. Beri kesempatan buat anak untuk makan sendiri. Letakkan piring atau mangkok yang berisi sayuran di depannya dan biarkan ia menghabiskan makanan tersebut. Tak apa jika anak menghabiskan dalam waktu lama. Dalam beberapa waktu ke depan, anak akan lebih cepat menghabiskannya. 
  6. Jangan beri imbalan jika anak sudah mau makan sayur. Usahakan tidak memberi imbalan berupa hadiah kepada anak yang sudah mulai suka sayur. Memberinya hadiah justru akan membuatnya memiliki banyak alasan agar kembali tidak menyukai sayuran. 
  7. Jangan pula menghukum anak jika dia tidak suka sayur. Hukuman justru akan membuat anak merasa semakin benci terhadap sayuran. Kalau pun anak belum mau makan sayur, lakukan pendekatan-pendekatan halus hingga menggerakkan hatinya untuk mulai menyukai sayuran.


Mom, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar anak tak rewel saat diminta untuk makan sayur. Semoga tips ini bermanfaat. Buat Mom yang punya tips lain, boleh dong share tipsnya di kolom komentar. :)

(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Jangan Abaikan, Ini 5 Tanda Stres pada Anak dengan Kepribadian Introvert!
Artikel Selanjutnya
Waktu Media Sosial Sebanyak Ini yang Timbulkan Masalah Kesehatan Mental pada Anak