Sukses

Parenting

Tips Buat Mama Newbie, Ini Cara Terbaik Merespon Ocehan Bayi

Menjadi mama muda atau mama newbie yang baru pertama kali memiliki anak pasti akan mendapat berbagai pengalaman baru yang sangat berkesan. Mengasuh dan mengikuti tumbuh kembang si kecil pun akan terus diwarnai dengan berbagai kejutan dan proses pembelajaran. Seperti ketika si kecil mulai mengoceh, ada proses berkembang yang sedang dialaminya dan kita sebagai orang tua perlu meresponnya dengan baik agar tumbuh kembangnya juga berjalan dengan baik.

Seperti yang dikutip oleh whattoexpect.com, bayi yang mendapat respon verbal positif dan kontak mata dari orang tua saat sedang mengoceh, kemampuan berbahasanya yang lebih kompleks bisa berkembang lebih baik. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Official Journal International Society on Infant Studies, penulis penelitiannya Julie Gros-Louis dari Department of Psychology at the University of Iowa, dan Meredith J. West dan Andrew P. King dari Department of Psychological and Brain Sciences di Indiana University, menemukan bahwa cara orang tua merespon ocehan bayi bisa mempengaruhi cara si bayi dalam berkomunikasi. Lalu bagaimana cara terbaik merespon ocehan bayi? Berikut tips yang bisa Moms ikuti.

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang selalu didampingi atau dekat dengan ibunya ketika mengoceh bisa memiliki kemampuan bahasa dan bersuara yang lebih kompleks lebih cepat. Selain sering-sering mengajaknya bicara, berikut cara-cara yang bisa dilakukan ibu saat merespon bayi mengoceh.

1. Tatap matanya dan tersenyum, respon dengan kalimat positif untuk ocehannya.

2. Saat bayi mengoceh, tirukan suaranya.

3. Kalau si kecil mencoba mengucapkan kata yang baru saja Moms ucapkan, ulangi kata itu lagi untuknya.

4. Bermain cilukba.

5. Berikan mainan dan bahas mainan tersebut, seperti saat memberinya boneka, katakan, "Lembut sekali ya bulunya?"

6. Ajak bercermin lalu tanya pada si kecil, "Eh, itu siapa yang ada di cermin?"

7. Lontarkan pertanyaan-pertanyaan, seperti, "Mana kucingnya tadi?"

8. Minta ia menunjukkan, "Mana hidungnya?" lalu tunjuk hidung Moms sendiri. Nanti si kecil akan meniru dengan menunjuk hidungnya sendiri. Lakukan dengan anggota tubuh yang lain.

9. Sembunyikan mainan, lalu ajak ia untuk mencarinya bersama. Lalu saat mainannya ketemu, rayakan bahagianya bersama.

10. Saat dia memberikan sesuatu dengan tangannya, ucapkan terima kasih, seperti, "Wah, adik ngasih ibu boneka, ya. Terima kasih."

Biasanya sebagai mama newbie yang baru pertama kali punya anak, agak bingung ketika memberi respon yang baik pada si kecil saat mengoceh. Tips-tips di atas bisa Moms coba untuk membantu memaksimalkan kemampuan berkomunikasi dan berbahasa si kecil.

Saat Moms sering memberi respon dan selalu berada di dekat si kecil saat ia mengoceh, maka ia akan lebih mudah untuk mengoceh saat berada di dekat Moms. Kemampuan berkomunikasi dan berbahasanya pun akan lebih cepat berkembang. Semoga tips-tips di atas bisa membantu Moms sekalian, ya.

(vem/nda)
Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan DKI Jakarta menutup 7 sekolah PTM 100 Persen
Artikel Selanjutnya
Tata Cara Menggunakan Vibrator yang Benar