Sukses

Parenting

Nyeri Payudara Saat Hamil, Amankah?

Saat hamil, wanita akan mengalami beberapa perubahan. Setiap ibu hamil pasti mengalami gangguan kesehatan seperti nyeri pada payudara, mudah lelah, pusing, dan mual. Perubahan ini berlangsung berbeda-beda pada setiap wanita, ada yang mengalaminya di awal kehamilan maupun saat menjelang persalinan.

Salah satu gangguan yang paling sering dikeluhkan adalah nyeri payudara. Nah, nyeri payudara ini disebabkan karena perubahan ukuran payudara. Saat hamil, ukuran perut akan semakin membesar, ukuran payudara ibu hamil juga ikut membesar. Inilah yang menyebabkan rasa nyeri pada payudara.

Payudara ibu hamil membesar karena kelenjar susu dan jaringan lemak di sekitar payudara membesar. Seiring ukuran payudara yang membesar, pembuluh darah yang mengalirkan darah di sekitar payudara yang berwarna kebiru-biruan akan terlihat jelas. Ini karena adanya peningkatan suplai darah yang mengalir di sekitar payudara.

Selain ukuran yang semakin besar, puting payudara juga berubah warna jadi lebih gelap dari biasanya.  Selain itu, payudara ibu hamil juga akan sering mengeluarkan cairan kental. Cairan kental tersebut kemudian dikenal sebagai colostrums.

Nah Ladies, apakah rasa nyeri yang dialami oleh ibu hamil ini normal? Jawabannya adalah iya. Perubahan-perubahan ini adalah fenomena yang normal terjadi pada setiap ibu hamil sehingga tidak perlu merasa cemas. Namun, apabila rasa nyerinya benar-benar tak biasa dan sangat sakit, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut.

(vem/ivy)
;
Loading