Sukses

Parenting

Tips Hadapi Si Kecil yang Gemar Merebut Mainan Temannya

Tentu menyenangkan melihat si kecil bermain bersama teman sebayanya. Melihat mereka terlihat akrab dan dekat. Sayangnya bagi dunia anak, bermain bersama bisa menjadi awal masalah baru. Pernah mendapati si kecil merebut mainan temannya? Serba tidak enak karena akan menimbulkan rasa tidak nyaman pada orangtua teman anak. Hmm, lalu bagaimana cara mengatasi masalah anak yang gemar merebut mainan temannya?

Mom, berikut ini adalah cara untuk mengatasi anak yang gemar mengambil dan merebut mainan temannya. Yuk, simak tips dari vemale berikut ini.

    Biasakan untuk Meminta Izin

    Jangan menunggu usia anak bertambah untuk mengajarkan tentang sopan santun. Sebaiknya biasakan anak untuk selalu meminta izin saat memakai barang yang bukan miliknya. Hal ini akan membantu si kecil membiasakan diri untuk bersikap santun kepada yang lain.

    Jadilah Panutan

    Anak lebih mudah untuk meniru daripada mendengar. Maka jangan ragu untuk menjadi panutan yang baik bagi si kecil. Biasakan untuk berbagi kepada yang lain, hal ini akan membuat si kecil merasa nyaman saat ia berbagi dengan teman bermainnya.

    Segera Melarangnya

    Saat mengetahui si kecil merebut mainan milik temannya, segera melarangnya. Jangan menunggu lama. Hal ini dapat membantu memberi pemahaman kepadanya bahwa apa yang ia lakukan tidak selayaknya ia lakukan.

    Minta Anak untuk Minta Maaf

    Setelah berhasil melarang si kecil untuk merebut mainan temannya, segera minta anak untuk meminta maaf. Pastikan kondisinya sudah tenang. Minta ia untuk mengembalikan barang yang ia rebut, minta maaf dan biarkan ia dan temannya kembali bermain bersama.

    Bersikaplah Konsisten

    Berhasilnya Mom mendidik anak selalu ada hubungannya dengan pasangan. Maka jangan ragu untuk bersikap konsisten dengan apa yang Mom lakukan. Yakinlah dengan apa yang Mom lakukan, tidak perlu merasa rendah diri. Mom yang lebih tahu bagaimana cara terbaik menghadapi si kecil, bukan orang lain.

Mom, demikian 5 hal yang harus dilakukan saat menghadapi si kecil yang gemar merebut mainan temannya. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Jakarta Masuk Daftar 50 Kota Terbaik di Dunia Terkait Respons COVID-19
Artikel Selanjutnya
Hujan Deras, Terpantau Sejumlah Jalan di Jakarta Tergenang Air