Sukses

Parenting

Perkembangan Anak: Sudah Bisa Apa Saja Harusnya Bayi Tiga Bulan?

Ibu-ibu yang baru pertama kali punya anak pasti banyak mencari tahu informasi tentang tumbuh kembang bayi mereka. Sudah bisa apa saja seharusnya bayi yang baru lahir? Bagaimana perkembangannya di bulan kedua dan ketiga? Tentu banyak hal yang jadi rasa penasaran para ibu baru ini. Well, Vemale mau kasih sedikit cerita tentang tumbuh kembang bayi dan batita nih. Yuk simak!

Angkat Kepala dan Menengok

Kepala bayi mulai bisa diangkat di bulam pertama.

Di usia tiga bulan pertama, kebanyakan bayi sudah bisa mengangkat dan menggerakkan kepala mereka. Perkembangan motorik memang sedang berlangsung di masa-masa satu tahun pertama. Jika kamu meletakkan bayimu tengkurap di bulan pertama kelahirannya, maka dia bakal berusaha mengangkat kepalanya.

Membuka Tangan dan Menggesek

Tangan bayi mulai bisa dibuka dari kepalannya di bulan kedua.

Tangan mungil bayi cenderung terkepal sepanjang sebulan setelah kelahirannya. Memasuki bulan kedua, baru mereka mulai membuka tangan, dan menggesekkannya tanpa arah. Di bulan ketiga, tangan mungil itu lebih banyak terbuka dan biasanya jadi mainan yang menarik. Tak jarang mereka pun mengisapnya.

Kontak Mata dan Mengenali Wajah

Penglihatan bayi makin tajam di bulan kedua.

Penglihatan bayi mulai berfungsi dengan baik pada bulan-bulan ini. Setelah di bulan pertama mereka hanya bisa melihat benda dengan ukuran besar, di bulan kedua bayi mulai melakukan kontak mata dengan benar. Terkadang dia bakal memandangimu saat menyusu, diam sesaat, mempelajari wajah yang sedang dia lihat.

Tersenyum

Bayi mulai bisa tersenyum saat mengenali wajah orang di sekitarnya.

Saat dia sedang memandangmu lekat, dan terdiam selama beberapa detik, biasanya bayi berusia dua bulan ini bakal tersenyum. So sweet! Kamu tak akan bisa menahan rasa bahagia saat bayimu mulai menggodamu dengan senyuman-senyumannya. Ini pasti bakal jadi momen yang bikin kamu makin semangat dan penasaran, kira-kira bisa apa lagi mereka keesokan harinya.

Pertama Kali Bersuara

Menggumam, mengeluarkan suara random, dan lalu tertawa!

Selain tersenyum, bayimu juga bakal mulai mengeluarkan suara-suara random dari mulutnya. Mereka lebih banyak menggumamkan bunyi vokal seperti ah, eh, atau oh. Gumamannya terdengar semakin keras, sebelum akhirnya mereka bisa tertawa juga. Sungguh momen yang makin hari makin membahagiakan bukan, ladies?

Well, di bulan ketiga, bayi semakin menyadari bahwa dia tak lagi berada dalam perut dan dibungkuk placenta lagi. Karena kamu sudah memenuhi semua kebutuhannya dengan konsisten, maka rasa percaya pun makin tumbuh. Kepercayaan inilah yang jadi stimulator untuk perkembangan bayi dan dasar dari rasa percaya dirinya. So ladies, berikan yang terbaik untuknya!

(vem/dew)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading