Sukses

Parenting

7 Buah Terbaik Dimakan saat Sedang Hamil

Fimela.com, Jakarta Ada banyak manfaat makan buah untuk ibu hamil. Bukan hanya menjaga kesehatan diri sendiri, tapi juga memberi nutrisi yang dibutuhkan perkembangan bayi yang sehat. Bahkan efeknya bukan hanya saat hamil saja, namun jangka panjang untuk kehidupan anak di masa depan.

Salah satu penelitian yang dimuat dalam Oxford Journal British Medical Bulletin menemukan bahwa bayi yang terlahir dari ibu-ibu yang sering makan buah dan sayur akan memiliki risiko kecil mengalami obesitas dan penyakit serius saat si anak dewasa. Namun dari banyaknya jenis buah yang bisa dikonsumsi, tujuh buah inilah yang terbaik dimakan dan memberi banyak manfaat selama kehamilan.

 

1. Jeruk

Buah jeruk bukan hanya membantu meredakan mual dan muntah karena morning sickness, namun juga membantu memenuhi kebutuhan vitamin C dan menjaga tubuh terhidrasi. Asam folat dalam jeruk membantu mencegah masalah perkembangan otak dan saraf tulang belakang bayi.

 

2. Mangga

Buah manis ini bukan hanya menjadi sumber energi karena memiliki gula sehat, namun juga mengandung vitamin C sebagai antioksidan yang membantu menjaga sel-sel tubuh sehat. Mangga juga tinggi vitamin A yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubuh ibu dan bayi serta mencegah komplikasi pencernaan seperti diare dan infeksi saluran pernapasan.

 

3. Alpukat

Buah alpukat tinggi folat dan kolin yang penting untuk perkembangan sehat otak dan saraf tulang belakang bayi. Alpukat juga mengandung lemak sehat yang menjaga jantung dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Alpukat bahkan mengandung kalium untuk mencegah kram kaki karena lelah menahan berat tubuh.

 

4. Lemon

Lemon bukan hanya menjadi buah andalan saat morning sickness namun juga memberina asupan vitamin C yang membantu melancarkan pencernaan, mengatasi konstipasi dan bersifat detoks atau membersihkan tubuh.

 

5. Pisang

Buah ini tinggi potassium (kalium) yang membantu mencegah kram otot selama hamil. Kandungan vitamin B-6, vitamin C, dan zat besinya membantu meredakan mual dan menjaga kadar sel darah merah. Serat makanan pada pisang bahkan membantu melancarkan pencernaan.

 

6. Berry

Buah berry seperti strawberry, blackberry, cherry, blueberry dan semacamnya mengandung vitamin, folat dan serat yang bukan hanya meredakan mual namun juga menjaga kadar gula darah dan kolesterol tubuh. Fitonutrien seperti flavonoid dan antosianin juga membantu perkembangan janin sehat.

 

7. Apel

Buah apel sangat baik dikonsumsi baik saat sedang tidak hamil maupun hamil. Apel kaya vitamin A, vitamin C, kalium dan serat. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Thorax menemukan, bayi yang lahir dari ibu yang rajin makan apel punya risiko kecil mengalami asma dan alergi.

Nah, jadi selalu siapkan sekian buah di atas selama hamil ya!

What's On Fimela
Loading