Sukses

Parenting

Kurang Vitamin D Selama Hamil, Anak Rentan Alami Gigi Berlubang!

Fimela.com, Jakarta Pentingnya memenuhi kebutuhan nutrisi seperti vitamin dan mineral sudah menjadi hal yang harus dilakukan ibu hamil. Salah satu vitamin yang tak bisa diabaikan adalah vitamin D. Kurangnya vitamin D selama hamil ternyata akan berdampak buruk pada kesehatan gigi anak saat ia tumbuh nanti.

Dilansir dari Parenting, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal medis Pediatrics menunjukkan bahwa kurangnya asupan vitamin D selama hamil cenderung akan membuat anak-anak yang dilahirkan mengalami gigi berlubang selama balita.

Peneliti menganalisis kadar vitamin D pada lebih dari 200 ibu hamil dari daerah luar kota yang secara ekonomi kurang beruntung dan membandingkan jumlah gigi berlubang yang anak-anak mereka alami. Peneliti melihat kadar vitamin D ibu hamil selama triester kedua hingg ketiga. Ditemukan bahwa anak-anak mereka yang berusia sekitar 16 bulan ternyata sering memiliki masalah gigi berlubang atau gigi rusak.

Ini terjadi karena di masa kehamilan trimester kedua hingga akhir terjadi pembentukan bakal gigi di dalam kandungan, dan vitamin D memegang peran penting sebagai komponen pendukung terbentuknya tulang dan gigi yang sehat.

Daripada merekomendasikan ibu hamil minum suplemen vitamin D, banyak yang lebih menyarankan agar ibu lebih banyak mendapat sinar matahari, keluar jalan-jalan pagi untuk mendapatkan vitamin D alami dari sinar matahari sekaligus olahraga ringan dan mendapat udara segar. Asupan vitamin D juga bisa didapat dari makanan seperti telur dan jamur.

Jadi, jangan abaikan asupan vitamin D selama hamil ya Moms!

Loading