Sukses

Parenting

Mengenal Posisi Bayi di Dalam Perut dan Apa Artinya

Fimela.com, Jakarta Bayi memiliki pergerakan yang signifikan di dalam perut ibu selama hamil. Karena bayi juga tumbuh dan hidup di dalam rahim, tak jarang pergerakan bayi memiliki berbagai posisi unik yang bisa ditandai. Posisi bayi baru bisa diketahui ketika check up ke dokter, dan ternyata posisi bayi di dalam perut ibu punya arti tertentu. Dilansir dari Healthline, ada beberapa posisi bayi di dalam rahim, dan ini penjelasannya.

 

Anterior

Ini adalah posisi ketika kepala bayi berada di bawah menghadap punggung ibu. Dagu bayi sangat dekat dengan dadanya dan kepala siap memasuki area panggul. Posisi ini juga bisa disebut occipito-anterior.

Bagian kepala yang lebih kecil dapat menekan leher rahim dan membantu membuka jalan selama persalinan. Ini adalah posisi ideal dan aman untuk bersalin. Umumnya bayi akan bertahan di posisi ini mulai minggu 33 hingga masa persalinan. 

 

Posterior

Ini adalah posisi ketika kepala bayi berada di bawah menghadap perut ibu atau disebut juga occipito-posterior. Di awal bukaan, sekitar sepersepuluh atau sepertiga bayi berada di posisi ini. Namun akan secara spontan berputar ke arah sebaliknya untuk bersiap dilahirkan.

Tapi untuk beberapa kasus, bayi tidak berputar sehingga menyulitkan ketika dilahirkan. Melahirkan dengan posisi bayi seperti ini akan memperlama waktu melahirkan dan membuat ibu merasakan nyeri punggung.

Jika bayi berada di posisi horizontal atau transverse lie, di mana posisi ini tidak ideal untuk persalinan normal, ibu terpaksa harus menjalani operasi caesar untuk melahirkan bayi. penting sebagai penanda bahwa bayi tersebut sehat.

Semoga bisa melahirkan dengan lancar dan baik ya Moms.

Artikel Selanjutnya
Ini 3 Penyebab Rasa Sakit di Pusar saat Hamil Besar
Artikel Selanjutnya
Ini Manfaat Olahraga selama Hamil Tua Trimester Ketiga
: