Sukses

Parenting

4 Tips Mengenalkan Air pada Bayi Pertama Kali

Fimela.com, Jakarta Ketika melahirkan si kecil, salah satu hal yang harus dipersiapkan ibu pasti adalah belajar memandikannya. Tentu hal ini akan menjadi tantangan untuk ibu baru. Terkadang ketakutan akan mencelakan bayi muncul di pikiran dan membuat banyak ibu gugup.

Sebelum bisa memandikan bayi di bak, ada baiknya jika ibu mulai belajar mengenalkan air dulu pada bayi. Dilansir dari Parenting, ini sekian cara mengenalkan bayi pada air untuk pertama kalinya.

1. Tanyakan dokter atau orang yang berpengalaman

Kapan sebaiknya mulai mengenalkan air pada bayi? Biasanya, ibu-ibu yang lebih perngalaman tahu jawabannya. Jika ragu, bisa juga menanyakan pada dokter. Umumnya, dokter menyarankan ibu untuk menunggu hingga usia bayi mencapai 6 bulan atau lebih untuk bisa diperkenalkan dengan air.

2. Air hangat

Siapkan air hangat. Coba dengan menyentuhkan bagian tubuh tertentu dengan air hangat. Bisa dengan mencelupkan ujung kakinya atau tangannya untuk mengetahui reaksi pertama anak. Untuk mengukur suhu yang tepat, cek dengan siku. Pastikan hangat kuku dan tidak terlalu panas.

3. Selalu pegang dan topang bayi

Bahkan jika si kecil ternyata menyukai air dan menikmati dirinya berenang, tetap pegang dan topang bayi dengan lengan, Moms. Jangan biarkan si kecil lepas tanpa pengawasan.

4. Guyur perlahan

Untuk pertama kali, pakai handuk basah untuk menyeka tubuh bayi, menyiramkan air perlahan saja di bagian dada ke bawah. Setelah si kecil terbiasa, bisa mulai meneteskan di atas kepalanya, jaga agar air tidak masuk ke mata atau area wajah sehingga membuatnya kaget.

Itu dia sekian tips yang bisa dilakukan ibu jika ingin mengenalkan bayi pada air untuk pertama kalinya.

Artikel Selanjutnya
Tak harus setiap hari, ini waktu ideal untuk mandikan bayimu
: