Sukses

Parenting

Pahami Frekuensi Normal Buang Air Besar Bayi

Mom, menjadi seorang ibu tentu menjadi pengalaman yang menyenangkan. Banyak hal baru yang perlu mom ketahui. Tentu kadang perlu kesabaran dan pengetahuan yang tepat agar tidak salah dalam bersikap. Salah satu hal yang perlu mom ketahui adalah tentang frekuensi normal buang air besar pada bayi.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi buang air besar bayi. Semakin besar usia bayi maka frekuensinya semakin jarang dibandingkan saat bayi masih berumur kurang dari dua bulan. Hal ini karena dipengaruhi makanan yang dikonsumsi. Asupan nutrisi yang dikonsumsi bayi juga mempengaruhi frekuensi buang air besarnya.

ASI atau Sufor, jumlah cairan yang masuk atau adanya bakteri dalam bayi mempengaruhi normal tidaknya buang air besar bayi. Lalu berapa kali normalnya bayi buang air besar?

Bayi yang berumur kurang dari dua bulan umumnya buang air besar 1 sampai 8 kali sehari. Untuk bayi usia 2-6 bulan, frekuensi buang air besar 3 kali sehari. Sedangkan, untuk bayi 6-12 bulan buang air besar 2-4 kali sehari. Jika bayi lebih atau kurang dari itu buang air besarnya ada baiknya mom segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

Yang perlu mom ketahui, setiap anak memiliki kebiasaan yang berbeda. Semua tergantung dengan pola pencernaan dan jenis makanan yang dikonsumsi si kecil. Segera ganti popok dan bersihkan si kecil setelah ia buang air besar. Jangan lupa untuk selalu mengoleskan minyak telon untuk membantu si kecil tetap hangat dan nyaman.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat ya atau mom memiliki saran yang berbeda? Yuk, share di kolom komentar.

(vem/apl)
What's On Fimela
Loading