Sukses

Parenting

Hamil Kesundulan: Kapankah Saat Yang Tepat Hamil Lagi Setelah Melahirkan?

Mom, dikaruniai buah hati merupakan anugerah dari Tuhan. Tentu setiap ibu mengharapkannya. Tetapi, tak jarang muncul kegalauan saat mengetahui diri kita hamil, terlebih jika belum setahun yang lalu kita melahirkan.

Orang Jawa menyebutnya "kesundulan". Banyak orang yang percaya peluang kesundulan ini sangat kecil karena siklus menstruasi ibu yang belum kembali seutuhnya. Namun, pada kenyataannya, perempuan bisa hamil bahkan sekitar tiga minggu setelah melahirkan meski siklus menstruasi belum teratur.

Foto: copyright pexels.com

Umumnya siklus menstruasi kembali teratur sekitar lima hingga enam minggu setelah melahirkan. Tetapi, peluang terjadinya kehamilan dipengaruhi juga oleh seberapa sering Mom menyusui si kecil. Kok bisa?

Jadi, Mom, menyusui dianggap sebagai kontrasepsi alami. Jika Mom menyusui secara eksklusif, maka hormon yang memicu ovulasi akan ditekan. Dengan sering menyusui dapat menunda permulaan menstruasi selama enam minggu pertama bahkan enam bulan setelah melahirkan.

The American Congress of Obstetricians and Gynecologist (ACOG) merekomendasikan penundaan kehamilan setidaknya 18 bulan hingga lima tahun setelah kehamilan terakhir. Dengan jarak waktu itu, rahim akan kembali sempurna dan tubuh pun punya kesempatan untuk mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menunjang kehamilan selanjutnya.

Semoga informasi ini berguna untuk Mom dalam merencanakan kehamilan ya.

(vem/wnd)
What's On Fimela
Loading