Sukses

Parenting

5 Tips Nyaman Menyusui untuk Ibu yang Berpayudara Kecil

Selama ini mungkin kita mengira kalau ibu yang berpayudara kecil tak bisa menghasilkan air susu yang cukup untuk si kecil. Padahal ukuran payudara tak ada hubungannya dengan menyusui. Ibu yang berpayudara kecil masih bisa menghasilkan ASI yang cukup dan menyusui dengan nyaman.

Dikutip dari babycentre.co.uk, ukuran payudara tak mempengaruhi produksi ASI. Tapi setiap ibu perlu memastikan asupan ASI bisa selalu mencukupi kebutuhan si kecil setiap harinya. Bagi ibu yang berpayudara kecil, ada sejumlah tips yang bisa diikuti agar bisa menyusui dengan nyaman. Yuk, langsung kita ikuti di sini satu per satu.

1. Coba V-Hold atau Miringkan Tubuh
Salah satu cara untuk membuat si kecil bisa menerima ASI dengan nyaman adalah dengan menggunakan teknik V-hold. Posisikan jari telunjuk dan jari tengah seperti gunting berada di belakang areola, dengan jempol dan jari manis menyangga payudara. Sehingga si kecil bisa lebih mudah menyusui dan ASI bisa lebih lancar. Atau bisa juga moms posisikan tubuh agak miring dengan tetap mengutamakan kenyamanan agar si kecil bisa mendapat asupan ASI dengan lebih lancar.

2. Kenakan Bra yang Nyaman
Pilih dan kenakan bra yang benar-benar nyaman dan pas dengan ukuran payudara. Saat ini pun sudah banyak bra yang didesain khusus untuk ibu menyusui, jadi tinggal pilih saja ukuran yang pas dan terbuat dari bahan yang nyaman untuk kulit.

3. Cukupi Kebutuhan Air Putih
Menyusui bisa jadi aktivitas yang menguras tenaga. Di sini ibu harus memastikan tubuhnya mendapat asupan cairan yang cukup agar tidak gampang capek atau sakit. Imbangi juga dengan istirahat yang cukup dan hindari stres agar ASI bisa lebih lancar.

4. Tingkatkan Rasa Percaya Diri
Tak perlu minder dengan ukuran payudara yang kecil. Tetaplah fokus dalam menyusui dan memberi asupan nutrisi yang terbaik untuk sang buah hati. Tingkatkan rasa percaya diri biar nggak gampang stres selama menyusui.

5. Perbanyak Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui
Ada beberapa jenis makanan sehat yang baik dikonsumsi ibu menyusui, antara lain telur, ikan salmon, sayuran hijau seperti bayam dan brokoli, susu untuk sumber kalsium, dan buah-buahan seperti kurma dan buah jeruk. Menjaga pola makan sehat menjadi salah satu kunci paling penting agar ibu bisa menyusui dengan nyaman dan lancar.

Semoga infonya bermanfaat buat moms semuanya. Menyusui merupakan fase yang paling penting dalam perjalanan seorang wanita menjadi ibu. Dan pastinya tumbuh kembang sang buah hati juga akan mendapat pengaruh yang signifikan dari asupan ASI yang didapatnya.

(vem/nda)
;
Loading