Sukses

Parenting

5 Manfaat Mengagumkan ASI Buat Kesehatan Anak Hingga Ia Dewasa

Pekan ini menjadi pekan ASI dunia. ASI (Air Susu Ibu) sendiri merupakan salah satu kebutuhan penting buat buah hati. Untuk dapatkan buah hati yang senantiasa sehat dan ternutrisi dengan baik, disarankan agar mom memberi ASI eksklusif buat buah hati sampai ia usia 2 tahun.

Melansir dari laman boldsky.com, ASI tidak hanya mengatasi masalah lapar dan haus pada buah hati. Lebih jauh, ASI memiliki segudang manfaat buat kesehatan fisik maupun psikis anak. Manfaat ini bahkan bisa dirasakan anak hingga ia tumbuh dewasa. Apa manfaat ASI?

Mencegah Obesitas
Bayi yang mendapat asupan ASI cukup dari ibunya akan lebih terhindar dari risiko obesitas saat ia dewasa. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak yang minum ASI cukup saat bayi, saat dewasa ia bisa mengontrol pola makan dengan lebih baik, mengontrol porsi makan dengan lebih tepat hingga membuatnya terhindar dari risiko obesitas.

Kesehatan Gigi Terjaga
Anak-anak yang terbiasa mengonsumsi ASI, ia akan lebih mungkin memiliki rahang dan otot-otot wajah yang kuat. Kemungkinan besar ia juga akan memiliki gigi kuat dan terjaga. Ini mengingat bahwa ASI juga tinggi kalsium.

Baca juga: ASI Eksklusif Bermanfaat Meningkatkan Sistem Imunitas Bayi

Menurunkan Risiko Jantung
Studi menunjukkan bahwa bayi yang disusui bisa memiliki sistem metabolisme kolesterol yang lebih baik. Karena inilah, para ahli percaya jika orang-orang yang memiliki asupan ASI cukup dengan nutrisi yang baik saat mereka bayi, mereka bisa terhindar dari risiko jantung atau penyakit berbahaya lainnya.

Memiliki Otak Cerdas
Anak-anak dengan asupan ASI cukup memiliki IQ tinggi atau otak cerdas dibandingkan dengan mereka yang makan atau minum sesuatu yang lain. Saat dewasa, seseorang yang mendapat asupan ASI cukup juga akan memiliki perilaku lebih baik, daya ingat lebih tajam dan rasa simpati yang lebih baik.

Menurunkan Risiko Alergi
Penelitian menyebutkan bahwa anak-anak dengan asupan ASI cukup, mereka akan lebih rendah mengalami risiko alergi atau pun asma. Dalam ASI terdapat zat-zat yang bisa menangkal infeksi, bakteri maupun segala hal yang bisa menyebabkan alergi.

Mom, itulah beberapa manfaat ASI bagi anak yang bisa mereka rasakan hingga mereka dewasa. Mengingat akan pentingnya ASI buat kesehatan serta tumbuh kembang anak, pastikan untuk memberikan asupan ASI yang cukup untuk buat hati setidaknya sampai mereka berusia 2 tahun. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
;
Loading