Sukses

Parenting

Menyusui Malam Lebih Baik Daripada Siang Hari, Benarkah?

Bayi membutuhkan ASI kapan pun setiap saat dia lapar, tak peduli apakah itu pagi, siang, sore atau malam hari. Namun tahukah Moms bahwa ternyata menyusui di malam hari ternyata lebih baik dibanding menyusui di siang hari?

Dokter spesialis anak konsultan, Ariani Dewi WidodoWanita menyusui mengatakan saat ditemui di Fairmont Jakarta, "Ibu kadang menyusui di siang hari. Malamnya, bayi dititipkan baby sitter, lalu di kasih botol. Itu cara yang salah. Menyusui malam hari akan memperbanyak produksi ASI."

Produksi ASI dipercaya lebih banyak produksinya di malam hari karena hormon prolaktin, yang merupakan hormon yang meningkatkan produksi ASI ternyata dilepaskan lebih banyak di malam hari sehingga jumlah ASI yang keluar pun melimpah.

Selalu usahakan bagi ibu menyusui untuk memberi ASI langsung dari payudara ke bayi meski malam hari karena cara ini lebih baik dibanding menaruh ASI yang telah dipompa ke dalam botol. Menyusui malam hari akan mencegah penurunan jumlah ASI.

Bukan hanya itu, dilansir dari Parenting Healthy Babies, interval keinginan bayi untuk menyusui lebih intens saat malam hari dan kemungkinan ia terbangun juga lebih sering sehingga sangat penting menjaga si kecil dalam keadaan kenyang agar tidurnya nyaman.

Menyusui langsung bukan hanya bisa merangsang produksi ASI melimpah namun juga menciptakan bonding atau ikatan antara ibu dan anak, akan lebih baik jika kamu selalu menyusui si kecil di malam hari yang tenang lebih sering ya Moms.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)
Loading