Sukses

Parenting

Mom, Ternyata Ada Alasan Ayah Juga Bisa Ikut Rasakan Kehamilan Lho!

Saat hamil tentunya peran ayah sangat dibutuhkan oleh sang ibu maupun sang bayi. Ayah sudah seharusnya siap siaga dan membantu segala keperluan ibu agar ibu merasa nyaman dan tenang saat hari kelahiran nanti. Tapi tahukah Mom kalau kondisi kehamilan tidak hanya dialami istri, melainkan juga suami? Ternyata suami juga bisa merasakan gejala kehamilan.

Gejala yang dirasakan bisa seperti kenaikan berat badan, pusing, mual, dan bahkan hilangnya nafsu makan. Maka kondisi ini juga bisa dibilang sebagai gejala kehamilan simpatik atau dikenal dengan Couvade Syndrome.

Seperti yang dilansir dari Verywell, Couvade berasal dari kata bahasa Prancis couvee yang berarti " menetas" . Umumnya, gejala kehamilan simpatik dimulai pada akhir trimester pertama dan semakin parah sampai trimester ketiga. Lucunya, terkadang pasangan tidak menyadari hal tersebut karena dianggap wajar dan berpikir bahwa hal itu tidak berhubungan dengan kehamilan sama sekali. Menurut psikolog, sepasang suami istri makin terlihat kompak saat mereka mengalami mual bersama dan bahkan ngidam bersama dengan makanan tertentu.

Hal ini juga disebabkan karena adanya rasa empati dari suami yang juga merasakan apa yang dialami sang istri. Biasanya hal ini akan berakhir sampai persalinan. Maka dari itu, ayah perlu bersiap-siap akan mengalami gejala ini dan akan merasakan gejala-gejala kehamilan lainnya. Jadi apakah Mom punya cerita menarik dengan peristiwa ini?

sumber : dream.co.id

(vem/mgg)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Mencoba Sajian Khas Nusantara yang Diberi Nama Pakem Rasa Hingga Tiga Negeri di Selatan Jakarta
Artikel Selanjutnya
Rekomendasi Hotel di Jakarta, Bali, dan Surabaya Agar Lebaran Semakin Berkesan