Sukses

Parenting

Bayi Mengalami Demam, Jangan Panik Mom! Begini Cara Menghadapinya

Orang tua mana yang tak akan khawatir dan cemas ketika mendapati buah hati tercintanya yang masih bayi mengalami demam atau badannya panas. Tak hanya membuat khawatir, ini juga sering kali membuat orang tua merasa panik. Apalagi, ketika orang tua pemilik bayi adalah orang tua baru yang jauh dari kakek nenek si bayi.

Melansir dari laman alodokter.com, semua bayi pasti pernah mengalami demam. Demam ini bisa terjadi setelah si bayi melakukan imunisasi, saat bayi tertular virus flu orang di sekitarnya atau memang saat bayi menderita suatu kondisi tertentu terkait kesehatannya. Bayi sendiri dikatakan demam jika suhu tubuhnya telah mencapai 38 derajat celcius.

Untuk mom atau pun ayah, saat bayi mengalami demam sebaiknya tetap tenang. Jangan mudah panik dan tergesa-gesa membawa bayi ke dokter. Setiap orang tua bisa meredakan demam pada bayi dengan cara mudah dan tepat. Bagaimana cara menghadapi bayi yang sedang demam? Berikut caranya.

  1. Mom wajib cuci tangan dan dalam kondisi bersih ketika hendak merawat bayi yang mengalami demam. Merawat bayi dengan kebersihan kurang justru akan membuat si bayi rentan mengalami sakit lain yang berbahaya buat kesehatannya.
  2. Mandikan bayi dengan air hangat ketika bayi mengalami kondisi tak enak badan. Jika tidak memungkinkan buat mandi, tubuh bayi cukup dilap dengan handuk basah yang diberi air hangat. Usahakan agar hangat air sesuai dengan tubuh bayi yakni suam-suam kuku dan jangan terlalu panas. Dengan mandi air hangat, tubuh bayi akan lebih rileks dan demam yang diderita bisa turun secara perlahan. 
  3. Beri pakaian yang paling nyaman untuk bayi kamu. Beri pakaian yang cukup tipis ketika bayi mengalami demam. Hindari memberi pakaian yang tebal dan gerah. Pakaian yang terlalu tebal justru akan membuat demam anak meninggi. 
  4. Saat bayi telah nyaman dengan pakaiannya, beri ASI cukup untuknya. Beri pula air putih sedikit demi sedikit sesuai kebutuhannya agar kebutuhan cairan dalam tubuhnya terpenuhi dengan baik. 
  5. Untuk penggunaan obat-obatan pereda demam, mom sebaiknya mengonsultasikan hal ini ke dokter atau bidan. Jangan memberi obat si kecil tanpa resep dokter. 
  6. Mom sebaiknya menggendong bayi atau memberikan pelukan sayang terhadap bayi yang sedang sakit. Disadari atau tidak, bayi yang mendapat kasih sayang terbaik dari orang tua akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik. Kontak fisik bayi dan orang tua khususnya ibu, ini akan membuatnya sangat nyaman dan merasa terjaga dengan baik.


Mengutip dari boldsky.com, jika bayi yang demam disertai penurunan nafsu makan, terlihat lesu dan lemah, tidak responsif, muntah, diare, memiliki ruam di tubuhnya, mengigau saat tidur, sesak nafas, kejang dan sejenisnya, segera bawa bayi ke dokter atau bidan. Demam yang melanda bayi berusia di bawah 3 bulan juga disarankan agar bayi tersebut segera dibawa ke rumah sakit.

(vem/mim)
What's On Fimela
Loading