Sukses

Parenting

Sebelum Khawatir, Ini Penjelasan Benjolan di Kepala Bayi Menurut Dokter

Saat Mom mengelus kepala bayi, apakah Mom pernah menemukan benjolan kecil? Biasanya benjolan ini ditemukan pada kepala belakang bagian bawah dan ada juga di dekat telinga. Namun, sebelum Mom khawatir sebaiknya simak penjelasan benjolan pada kepala bayi berikut ini.

Seperti yang dilansir dari Haibunda, benjolan di belakang telinga atau kepala pada bayi dan balita kemungkinan besar adalah kelenjar getah bening yang sedang aktif. Namun kelenjar getah bening pada anak di bawah umur 6 tahun masih dianggap benar.

Benjolan pada kepala bayi merupakan respon tubuh terhadap proses di badan. Saat bayi akan tumbuh gigi, ada alergi atau sakit demam biasanya ukuran benjolan sedikit membesar. Namun, benjolan masih dianggap normal asal ukurannya tidak membesar secara berkala atau dalam waktu singkat. Yang perlu Mom ketahui, orang dewasa juga sering mendapatkan benjolan yang sama di belakang kepala atau di belakang telinga.

Maka dari itu Mom perlu melakukan penanganan ke dokter jika menemukan benjolan yang cepat besar untuk bisa mengobati masalah atau gangguan pada organ tubuh terutama pada kelenjar getah bening yang membengkak tersebut. Namun, jika benjolan hanya sebesar kacang hijau, dipegang tidak sakit dan bila dipegang bergerak maka dipastikan benjolan tersebut adalah hanya pembesaran kelenjar getah bening karena ada infeksi.

(vem/mgg)
Loading