Sukses

Parenting

Tidur Mendengkur Saat Hamil Bisa Bahayakan Bayi, Jangan Abaikan!

Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh wanita saat hamil. Perut membesar dna timbulnya stretch mark mungkin sudah biasa. Namun ada perubahan tak biasa yang sebaiknya diwaspadai ibu hamil, yaitu tidur mendengkur.

Meski tampaknya sepele, wanita hamil yang tidur mendengkur ternyata mengindikasikan adanya kondisi kesehatan serius. Dilansir dari New Parent.com, penelitian yang dimuat dalam American Journal of Obstetrics and Gynecology menyebutkan bahwa ibu hamil yang punya kebiasaan mendengkur saat tidur punya risiko besar mengalami tekanan darah tinggi dan preeclampsia.

Preeclampsia sendiri akan membahayakan keselamatan ibu dan bayi jika tidak ditangani dengan serius. Ketua penelitian, Louise O’Brien mengatakan bahwa wanita hamil (terutama yang memiliki tekanan darah tinggi) yang mengalami tidur mendengkur dengan keras selama 3 malam dalam seminggu atau lebih sebaiknya memeriksakan diri ke dokter.

Kondisi ini bisa memicu obstructive sleep apnea (pernapasan berhenti ketika tidur) dan diabetes gestasional, yaitu penyebab utama timbulnya mendengkur saat hamil. Bisa ditarik kesimpulan bahwa mendengkur sebenarnya menjadi penanda adanya masalah kesehatan yang serius pada tubuh ibu hamil.

Jadi, meski tampak sepele karena mendengkur umumnya adalah hal biasa, namun jangan abaikan mendengkur saat hamil mulai sekarang, Moms.

(vem/feb)
Artikel Selanjutnya
Mual Hingga Pusing, Ini Tanda Awal Kehamilan yang Penting Kamu Tahu
Artikel Selanjutnya
Bahayanya menggunakan pelumas saat jalani program hamil
: