Sukses

Parenting

Pentingnya Melatih Otot Dasar Panggul Agar Kandungan Kuat, Moms!

Tidak jarang wanita hamil memiliki kandungan lemah sehingga rentan keguguran. Itulah mengapa, penting sekali untuk ibu hamil melatih kekuatan otot dasar panggul demi menjaga kekuatan kandungan.

Otot dasar panggul sendiri terdiri dari otot, ligamen dan jaringan ikat di bagian bawah pelvis yang mempertahankan atau menjaga letak kandung kemih, rahim, vagina dan dubur. Ketika hamil dan bayi tumbuh di dalam rahim, maka ada peningkatan tekanan karena bertambahnya berat badan yang mampu melemahkan otot dasar panggul.

Tidak jarang ibu hamil jadi lebih sering buang air kecil karena tekanan dari perut yang membesar. Seperti dikatakan Karen Noblett, MD, Direktur Divisi Uroginekologi dan Kedokteran Panggul dan Bedah Rekonstruktif Perempuan di University of California dalam New Parent.com, bahwa tak jarang lemahnya otot dasar panggul bisa menyebabkan ngompol ringan hingga keguguran. Tetapi memiliki otot dasar panggul yang kuat mampu mempermudah persalinan.

Olahraga untuk melatihan kekuatan otot dasar panggul/copyright Shutterstock.com

Untuk menguatkan otot dasar panggul, ini latihan yang bisa dilakukan, Moms.

Kegel. Mengikuti kelas olahraga kegel mampu menguatkan otot di area kewanitaan, tidak terkecuali otot dasar panggul. Lakukan beberapa kali seminggu degan melakukan latihan 10-20 kali pengulangan kontraksi dan rileks di bagian otot panggul.

Pilates. Penelitian menyebutkan bahwa melakukan pilates satu jam setiap dua kali seminggu mampu menguatkan otot dasar panggul, selain juga menguatkan otot perut, pinggul dan punggung. Olahraga ini bukan hanya fokus pada gerakan halus dan fleksibilitas namun juga kekuatan otot.

Yoga. Hampir sama dengan pilates, bedanya melakukan yoga saat hamil sangat baik dalam melatih pernapasan, melepas stres dan melatih kekuatan otot tubuh, termasuk otot dasar panggul agar kandungan kuat dan janin sehat.

Konsultasi ke dokter kandungan. Jika melakukan latihan kekuatan otot dasar panggul tidak juga berhasil, konsultasikan pada dokter kandungan apa yang mungkin menyebabkan hal ini tak berhasil. Apakah tubuh memiliki kondisi fisik tertentu sehingga perlu treatment khusus.

Nah Moms, jangan abaikan kekuatan otot dasar panggul mulai sekarang ya. Yuk jaga kandungan kuat dan sehat hingga datang masa persalinan.

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading