Sukses

Parenting

Alasan Pentingnya Beri Anak Perhatian yang Sama dengan Saudaranya

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan Moms, terkait memberi perhatian kepada anak, terutama jika punya anak lebih dari satu di rumah. Perhatian terhadap anak dengan saudara kandungnya sebaiknya dibagi dengan adil dan sama besar.

Diungkapkan Adele Faber, penulis buku Siblings Without Rivalry: How to Help Your Children Live Together So You Can Live Too dalam New Parent bahwa perhatian yang adil dan sama terhadap kedua anak akan membantu membangun kebersamaan dan keterikatan yang lebih baik antara anak dengan saudaranya.

Anak tidak akan merasa punya saingan karena perhatian orangtuanya direbut oleh saudaranya yang lebih muda. Namun yang lebih penting adalah, anak akan memiliki nilai diri, perasaan menghargai diri sendiri ketika ia dihargai dan disayangi oleh kedua orangtuanya sama besar dengan adiknya.

Contoh mudahnya yang bisa dilakukan adalah duduk di satu meja yang sama ketika makan. Ketika Moms menyiapkan sarapan untuk anak, pastikan menyiapkan makanan untuk keduanya. Jika anak pertama masih cukup kecil, duduklah tepat di sampingnya, dengan anak yang lebih kecil di depanmu. 

Berikan perhatian yang sama, jangan hanya menyuapi anak yang kecil, namun bangun juga interaksi dengan kakaknya. Dengan begini, anak tidak akan merasa ditinggalkan atau diabaikan karena ada adiknya.

Jangan berpikir bahwa anak yang lebih besar sudah cukup mengerti untuk berbagi ayah ibunya dan mengalah untuk adiknya, karena itu tak benar. Setiap anak butuh perhatian yang sama Moms. Jadi, jangan dibedakan ya!

(vem/feb)
What's On Fimela
Loading