Sukses

Parenting

Flu Pada Ibu Hamil, Bagaimana Pengobatan dan Pencegahannya?

Flu dan batuk merupakan masalah kesehatan yang kerap dialami oleh hampir semua orang. Tak terkecuali dialami oleh ibu hamil. Saat ibu hamil mengalami flu dan batuk, sebenarnya gejala flu dan batuk ini sama dengan gejala flu dan batuk yang dialami orang lain. Gejala tersebut mulai dari tubuh lelah, lemas, muntah, tenggorokan kering, sakit kepala dan tubuh terasa berat.

Namun, flu dan batuk pada ibu hamil memiliki risiko yang lebih tinggi. Tak hanya pada ibu hamil, risiko ini juga sangat berbahaya bagi bayi di dalam kandungan. Melansir dari laman webmd.com, penting bagi ibu hamil yang menderita flu serta batuk agar bijak dalam memilih obat flu. Para ahli juga menyarankan agar ibu hamil yang sedang flu memiliki waktu istirahat yang lebih banyak.

Pengobatan Flu pada Ibu Hamil
Mengonsumsi obat flu dan batuk selama hamil terutama hamil pada minggu ke 12 sebenarnya sangat tidak disarankan. Zat kimia yang terdapat pada obat flu bisa berpengaruh buruk buat tumbuh kembang bayi. Jika pun ingin minum obat flu dan batuk, pastikan untuk mengonsultasikan hal ini ke dokter atau bidan ahlinya.

Pengobatan flu dan batuk pada ibu hamil sebaiknya dilakukan secara alami. Pengobatan tersebut dengan memiliki waktu istirahat cukup, minum air putih cukup, mengonsumsi permen pelega tenggorokan atau mengompres tubuh dengan air hangat. Bekumur dengan air garam juga bisa membantu kita mengobati flu dan batuk selama hamil. Pastikan untuk menghindari stres akan flu ini lekas sembuh.

Pencegahan Flu pada Ibu Hamil
Untuk mencegah flu dan batuk pada ibu hamil, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara tersebut mulai dari menggunakan alat makan yang berbeda di rumah untuk menghindari penularan flu, minum air putih cukup, jangan menyentuh mata, hidung dan mulut ketika jari tangan kotor, hindari tempat yang kotor dan berdebu, miliki tidur cukup, kurangi stres, pastikan untuk memiliki pola hidup dan makan sehat, miliki olahraga cukup dan hindari kontak langsung dengan teman atau keluarga yang sedang sakit flu.

Flu dan batuk pada ibu hamil sebaiknya ditangani dengan hati-hati. Jika flu dan batuk semakin memburuk, segera periksakan kondisi ini ke dokter terkait. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/mim)
Artikel Selanjutnya
5 Cara Mendapatkan Tidur Nyenyak Saat Ibu Hamil Besar
Artikel Selanjutnya
Sering Mual Saat Hamil Tanda Bahwa Bayimu Laki-Laki, Benarkah?
: