Sukses

Parenting

Menjadi Orang Tua Terbaik Buat Anak Itu Gampang, Caranya...

Setiap orang tua pasti ingin buah hatinya tumbuh dan berkembang dengan baik. Tak hanya itu saja, setiap orang tua juga pasti ingin menjadi orang tua yang terbaik buat anak-anaknya. Dengan segala keterbatasan yang ada, nampaknya tidak ada orang tua yang rela jika melihat anak-anaknya tak bahagia telah memilikinya, jika anak tidak nyaman dengan hidupnya dan jika anak tidak lebih bahagia darinya.

Menjadi orang tua terbaik buat anak-anak sebenarnya bukan perkara yang sulit, selama hal ini dijalani dengan tulus, ikhlas dan penuh penerimaan. Selama hal ini juga dijalani dengan cara terbaik buat dirinya maupun buat anak-anak.

Melansir dari laman parents.com, untuk menjadi orang tua terbaik buat anak-anak sebenarnya cukup gampang, ada beberapa cara serta hal yang perlu diperhatikan. Beberapa hal tersebut antara lain sebagai berikut.

  1. Jadilah orang tua yang penuh percaya diri dalam merawat dan mengasuh anak. Rasa percaya diri dari orang tua secara langsung maupun tidak langsung akan membuat anak nyaman dan percaya bahwa orang tuanya yang terbaik.
  2. Jadilah pendengar yang baik buat anak. Sesibuk apapun waktu kamu dan suami, pastikan untuk memiliki waktu luang mendengarkan cerita serta keluh kesah buah hati. Jadilah pendengar yang baik untuknya agar anak merasa nyaman dan lebih terlindungi. 
  3. Jadilah contoh yang baik buat anak-anak. Untuk mencetak generasi yang terbaik di keluarga, jadilah contoh yang baik pula untuk mereka. Lingkungan dan orang-orang di sekitar anak bisa menjadi faktor utama pembentuk karakter dan sifat anak. 
  4. Ajari anak untuk lebih disiplin. Caranya tentu dengan memberi contoh kedisiplinan seperti apa yang terbaik. 
  5. Hindari memberi hukuman fisik ketika anak melakukan kesalahan. Memberi hukuman fisik hanya akan membuat anak trauma dan lebih rentan mengalami berbagai masalah baik masalah psikis maupun fisik ke depannya nanti. 
  6. Sementara ketika anak melakukan hal yang membanggakan, cukup beri ucapan selamat dan pujian. Hindari memberi hadiah terlalu sering yang mewah karena hal ini akan membuat anak menjadi pribadi yang manja dan pamrih. Memberi hadiah ke anak boleh-boleh saja, tapi ini juga tahu waktu, tempat dan dilakukan dengan cara yang tepat. 
  7. Jangan segan untuk bermain dengan anak. Ikut bermain dengan anak dan lebih sering kontak langsung dengan mereka akan menciptakan tali persahabatan antara orang tua dan anak. 
  8. Usahakan untuk selalu berpikir positif ketika merawat dan mengasuh anak. Tanamkan juga pikiran positif tersebut di pikiran anak. Ajarkan mereka untuk selalu berpikir positif dalam setiap keadaan. Meski begitu, ajarkan pula rasa waspada dan hati-hati di pikiran anak. 
  9. Ciptakan kenangan menyenangkan dan hangat bersama keluarga besar. Kenangan-kenangan bahagia dan hangat ini akan membuat anak merasa sangat bahagia bahkan ketika mereka tumbuh besar dan dewasa. 
  10. Atur rumah sesejuk dan senyaman mungkin. Lingkungan yang sejuk dan nyaman akan membentuk karakter anak dan keluarga menjadi lebih tenang. 
  11. Selalu katakan bahwa kamu mencintai anak-anakmu. Mengatakan cinta ke mereka akan membuat mereka lebih bahagia, aman dan nyaman.

Jadilah orang tua yang sabar dan lemah lembut. Orang tua yang sabar dan penuh kasih sayang akan membentuk anak menjadi pribadi yang tenang, sabar dan penuh kasih sayang juga.

Itulah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menjadi orang tua terbaik buat anak. Selain hal di atas, hal lain yang perlu dilakukan adalah menanamkan kemandirian pada anak, memberikan anak pendidikan umum maupun agama yang cukup dan masih banyak lagi. Semoga informasi ini bermanfaat.



(vem/mim)
Loading
Artikel Selanjutnya
Tantangan Mengasuh Anak yang Kerap Dialami Orangtua Masa Kini
Artikel Selanjutnya
Anak Terlalu Dimanjakan Kakek Neneknya, Bagaimana Menyikapinya?