Sukses

Parenting

Apakah Menstruasi Akan Berhenti?

Halo Moms, mungkin anak gadis anda akan bertanya-tanya ketika masa menstruasi mereka akan dimulai, tetapi mereka juga mungkin akan bertanya-tanya apakah masa menstruasi mereka juga akan berakhir?

Jawabannya yang disebutkan pada situs kidshealth.org adalah ya. Seorang wanita mungkin berhenti mendapatkan menstruasi untuk berbagai alasan sebagai berikut:

Mengalami masalah kesehatan

Hamil

Mencapai menopause - waktu dalam hidup ketika wanita yang telah cukup berumur tua (berusia 45 sampai 55 tahun) berhenti mendapatkan menstruasi dan tidak dapat lagi memiliki bayi.

Meskipun jarang, kadang-kadang masalah kesehatan dapat menyebabkan seorang gadis atau wanita untuk berhenti mendapatkan menstruasi. Namun dua alasan paling umum yang menyebabkan perempuan berhenti mendapatkan menstruasi bukanlah masalah kesehatan yaitu kehamilan dan menopause.

Pada masa kehamilan, menstruasi akan berhenti sampai beberapa saat setelah bayi lahir. Sedangkan dalam masa menopause, yang terjadi pada wanita yang lebih tua, menstruasi akan berhenti untuk selamanya.

Selama siklus menstruasi, tubuh mempersiapkan rahim yang nantinya akan dibuahi oleh sperma laki-laki. Jika itu terjadi, wanita tidak akan mendapatkan menstruasi karena penumpukan jaringan dan darah yang biasanya dikeluarkan sebagai mentruasi akan diperlukan oleh ovum untuk berkembang hingga menjadi janin.

Wanita itu tidak akan mendapatkan menstruasi yang bulan atau setiap bulan selama kehamilannya. Mungkin, menstruasi akan dimulai lagi beberapa bulan setelah bayi lahir, meskipun ia mungkin bisa hamil lagi bahkan sebelum menstruasi kembali.

Oleh: Yudha Yanuar A.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading